SMK N 3 Purwokerto Bangun Hotel Training

Dilihat : 7014 Kali, Updated: 18 06 2014 08:18:30
SMK N 3 Purwokerto Bangun Hotel Training

SMK Negeri 3 Purwokerto atau dulu dikenal dengan SMKK Negeri Purwokerto telah membangun Hotel lantai 2 sebagai tempat training para siswanya dalam rangka mencetak tenaga siap pakai. peresmian hotel dilakasanakan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Selasa (17/6) kemarin dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Komite Sekolah dan Kepala SMK yang ada di Purwokerto.

 

Kepala SMK N 3 Purwokerto H. Asep Saeful Anwar S.Pd dalam laporannya mengatakan, pembangunan hotel adalah  sudah dimimpikan lama dan baru terealisai tahun ini, tujuan pembangunan hotel adalah untuk training para siswanya sebelum melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diberbagai hotel yang ada di Indonesia sehingga sudah mengenal lebih awal tentang bagaimana kerja di perhotelan.

 

Saeful juga mengatakan, pembangunan hotel untuk lantai 2 adalah berasal dari dana Kementerian pendidkan sedangkan untuk lantai bawah adalah swadaya, "  kapasitas hotel ada 5 Kamar dengan perbagai kelas serta  dilengkapai dengan restoran dan berbagai fasilitas lain yang sama dengan hotel-hotel pada umumnya, sehingga siswa bisa belajar baik dari tataboga, dan lainnya. Hotel dinamakan hotel Asa artinya harapan" jelasnya.

 

Saeful berharap dengan adanya hotel sebagai tempat training akan meningkatkan kompetensi siswa SMK N 3 Purwokerto, terciptanya tenaga siap pakai dan meningkatkan image keluaran SMK N 3 Purwokerto di kalangan dunia usaha.

 

Mengawali sambutannya, Bupati Banyumas Achmad Husein memberikan apresiasi kepada SMK N 3 dan jajarannya yang telah mampu mewujudkan untuk membangun hotel sebagai tempat training para siswanya guna mewujudkan keluaran yang siap pakai.

 

Husein juga mengatakan, SMK diharapkan mampu meningkatkan daya saing agar bisa menjadi kawah candradimuka bagi lahir dan tumbuhnya enterpreneur-enterpreneur muda yang kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing artinya harus terus meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sesuai tuntunan  kebutuhan dunia kerja, meningkatkan kerjasama lebih erat dengan dunia usaha, dunia industri, asosiasi profesi dan lainnya.

 

SMK juga diharapkan pandai membaca peluang, kreatif dan inovatif serta agresif mencarai terobosan-terobosan yang prospektif bagi peningkatan daya saing siswanya, demikian juga siswa SMK  harus serius dalam belajar dan mengasah kompetensinya karena pencari tenaga kerja hanya akan mencari dan mempekerjakan SDM-SDM yang profesional dan kompeten.

 

Mengakhiri sambutannya Husein mengatakan dibangunnya hotel diharapkan akan menghasilkan siswa yang tidak gagap apabila melakukan praktek kerja di hotel-hotel berbintang yang menjadi mitra kerja SMK N 3 Purwokerto dan mampu menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi yang berlandaskan Iman dan Taqwa, siap kerja, berwawasan lingkungan dan mampu menghadapi tantangan global.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar