Bupati Banyumas Canangkan Gemarikan

Dilihat : 11440 Kali, Updated: 27 03 2014 07:52:43
Bupati Banyumas Canangkan Gemarikan

BANYUMAS – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mencanangkan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Selasa (25/3) di Desa Pekuncen Kecamatan Pekuncen. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas itu bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Turut hadir pada acara ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, dinas instansi terkait, Muspika Pekuncen, Kepala Desa se Kecamatan Pekuncen dan masyarakat Desa Pekuncen.

Bupati Ir. Achmad Husain mengatakan bahwa Ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan. “Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah dan sangat mudah mendapatkannya.apalagi di Kabupaten Banyumas yang banyak air dan daerahnya cocok untuk budidaya” katanya.

Bupati juga mengatakan kalo tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Banyumas relatif masih rendah, yaitu 13.56 kg / kapita / tahun, masih jauh di bawah tingkat pola harapan pada tahun 2013, yaitu 31.40 kg / kapita / tahun. sedangkan target tingkat konsumsi ikan nasional untuk tahun 2014 sebesar 38 kg/kapita/tahun. “Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan gemar makan ikan yang dilaksanakan saat ini” katanya..

Lebih lanjut Bupati berharap agar melalui berbagai kegiatan dalam Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Husain juga berharap, keberadaan forum peningkatan konsumsi ikan (forikan) bisa menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Banyumas. “Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh  dalam menghadapi tantangan” tambah Bupati.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas Ir. Sugiyatno dalam laporannya mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakan Gemarikan karena tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Banyumas masih relatif rendah yaitu 13,56kg/kapita/th, masih jauh di bawah tingkat pola harapan pada tahun 2013, yaitu 31,40 kg/kapita/tahun, sedangkan target tingkat konsumsi ikan nasional untuk tahun 2014 sebesar 38 kg/kapita/th. ”Diperlukan kerja keras untuk memacu tingkat konsumsi ikan masyarakat melalui peningkatan produktivistas petani ikan dan menggerakan rumah tangga untuk memprioritaskan menu ikan pada makanan sehari-hari” kata Sugiyatno.

Sugiyanto melaporkan kegiatan yang dilaksanakan dalam Gemarikan antara lain pemberian menu kudapan ikan untuk 120 siswa siswi SD, pemberian peralatan sekolah (tas,buku,balpoint dan gantungan kunci) untuk 120 anak-anak SD, memberikan motivasi pada anak agar gemar makan ikan melalui dongeng dan lagu gemarikan serta yel yel gemarikan, sosialisasi forkiikan untuk ibu PKK, wali murid SD, guru SD dan Perangkat Desa dan penebran 25.000 ekor ikan tawes, nila dan nilem di sungan arus.

Sugiyatno juga mengatakan, perlunya masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dikarenakan ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak, karena ikan mempunyai nilai gizi yang tinggi dan lengkap, bisa meningkatkan pertumbuhan dan kecerdasan otak terutama bagi anakan-anak serta memiliki kandungan protein tinggi, asam amino essential tinggi, kandungan kolesterol rendah dan merupakan sumber nutrisi yang terbaik

“Ikan juga bisa membuat sehat, cerdas dan kuat karena mudah dicerna oleh tubuh, terutama kandungan omega-3 yang terkandung dalam ikan sangat membangtu perkembangan sel otak yang dapat meningkatkan kecerdasan/IQ manusia, juga sangat membantu pertumbuhan sel syaraf, kebutuhan retina dan mencegah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah” lanjutnya.

Komentar