SKPD Se Banyumas Wajib Punya Website

Dilihat : 10445 Kali, Updated: 19 03 2014 07:26:23
SKPD Se Banyumas Wajib Punya Website

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas dalam sepekan ini akan menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Website dan E-office. Acara dibuka oleh Kepala Sub Bidang Komunikasi dan Informatika Puji Prihatini, SH, Senin (17/3) di Aula Bidang Kominfo Jl Masjid Purwokerto. 

Puji mengatakan bahwa website merupakan bagian dari penerapan e-government di Pemerintah Kabupaten Banyumas yang bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai pentingnya penggunaan website dalam rangka penyampaian informasi pada masyarakat. Oleh karena itu Tim Pengelola Website Pemerintah Kabupaten Banyumas telah menyiapkan sistem manajemen konten siap pakai yang dapat digunakan oleh masing-masing SKPD untuk membangun website resminya sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) minggu dan mendapat sambutan yang cukup positif dari peserta. Dia berharap setelah pelatihan ini paling lambat akhir April semua SKPD sudah harus mempunyai website. “Web SKPD tersebut akan terintegrasi dengan web milik Pemkab Banyumas www.banyumaskab.go.id“ kata Puji.

Lebih lanjut Puji mengatakan secara garis besar website dapat berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, pendidikan, promosi dan pemasaran. Merujuk pada Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, website Pemerintah Daerah dan SKPD dapat digunakan sebagai media untuk menyebarluaskan informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan oleh badan publik secara berkala, serta dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana. “Karena informasi adalah hak masyarakat, sebagai badan public kita mempunyai kewajiban untuk meberikan informasi tersebut” katanya.

Kasi Telematika Jakarta Tisam, S.STP sebagai narasumber mengatakan bahwa mengingat pentingnya Pengelolaan Website Pemerintah Daerah dan SKPD yang hingga saat ini masih kurang berjalan dengan optimal, maka sangat diperlukan adanya penunjukan Admin SKPD dimana pada hari ini mengikuti Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website SKPD. “Kami telah menyiapkan system manajemen konten siap pakai, silahkan Bapak/Ibu selaku Admin di SKPD untuk dapat memodifikasi sesuai kebutuhan SKPD” katanya.

Jakarta mengatakan untuk saat ini sudah beberapa SKPD yang mempunyai web sendiri-sendiri namun belum terintegrasi. “Kalau sudah terintegrasi masyarakat pengguna informasi mudah mendapatkan berita dan informasi tentang Banyumas melalui web” katanya.

Komentar