Tim Bencana Banyumas Siap Bergerak

Dilihat : 9230 Kali, Updated: 02 05 2014 11:18:04
Tim Bencana Banyumas Siap Bergerak

Banyumas – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menginstruksikan kepada semua yang masuk dalam tim penanggulangan bencana yang dikoodinir oleh BPBD untuk siaga akan kemungkinan terburuk yang diakibatkan oleh Gunung Slamet. “Semua sudah harus mempersiapkan segala hal terkait antisipasi jika sewaktu-waktu ada peningkatan status mejadi awas. Saat ada intsruksi evakuasi, semua lini harus langsung bergerak” intsruksi Bupati Banyumas yang didampingi Dandim dan Asekbangkesra, saat memimpin rapat koordinasi penanggulangan bencana Kamis (1/5) kemarin di Ruang Graha Satria.

 

Lebih lanjut Bupati meminta kepada semua pihak untuk lebih mengintensifkan perihal informasi dan sosialisasi perihal kesiagaan masyarakat didaerah terdampak. “Masyarakat juga harus siap ketika ada intruksi untuk evakuasi” pintanya.

 

“Sosialisasi menjadi sangat penting, karena masyarakat nantinya paham akan peta jalur evakuasi dan lokasi pengungsian dan hal-hal yang perlu disiapkan” lanjut Bupati.

 

Bupati juga meminta kepada Tim saat status masih siaga dan belum ada intruksi untuk melakukan evakuasi seperti sekarang, kita harus sudah siap lebih awal, termasuk selalu menjaga jangan sampai ada kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

 

Bupati juga meminta kepada para Camat dan Kepala Desa untuk sesegera mungkin mendata semua warganya. Agar ada pemilahan yang membutuhkan pertolongan khusus seperti lansia, ibu hamil, anak-anak dan perempuan. “Bahkan yang kemungkinan sakit jiwa pun harus didata dan segera dikirim. Saya tunggu maksimal nanti sore” katanya.

 

Bupati juga meminta kesiapan sarana dan prasarana seperti logistik harus dipastikan sesuai kebutuhan, termasuk untuk angkutan evakuasi pengungsi dan masker. Menanggapi usulan dari Kepala Desa Kemutug Kidul terkait  jalan evakuasi yang rusak Bupati langsung mengintruksikan Kepala SDABM untuk memprioritaskan jalan evakuasi ini.

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs Prasetyo mengatakan bahwa setelah sempat menutup Posko pengamatan Gunung Slamet beberapa waktu lalu, mulai sejak kemarin sudak membuka kembali Posko AJU Limpakuwus. 

(Subbag Pemberitaan - Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar