Azizah Juara Lomba Desain Kaos Banyumasan

Dilihat : 10703 Kali, Updated: 12 09 2014 10:20:25
Azizah Juara Lomba Desain Kaos Banyumasan

Azizah Zatunnunnafisa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwokerto meraih Juara I Lomba Desain Kaos Bermotif Banyumasan. Penyerahan hadiah diserahkan oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, Kamis, 11 September 2014 di Pusat Kuliner Pratistha Harsa Purwokerto.

 

Acara yang digelar oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop)  Kabupaten Banyumas itu diikuti oleh 61 Peserta, dihadiri oleh kepala SKPD Pimpinan BUMN dan BUMD, para Camat dan perwakilan pengrajin di Banyumas.

 

Kepala Dinperindagkop Kabupaten Banyumas Ir. Joko Wikanto, MM mengatakan bahwa lomba desain kaos Banyumasan dilaksanakan untuk mendorong para pengrajin dan seniman Banyumas untuk meningkatkan kreatifitas sehingga Kaos Banyumasan menjadi menarik dan mempunyai ciri khas. “Dengan lomba desain ini, diharapkan para pengrajin lebih kreatif dalam pengembangan usaha yang bisa menarik bagi yang berkunjung di Banyumas dengan bangga membeli dan memakai kaos banyumasan” katanya.

 

Sedangkan Bupati Banyumas memberi apresiasi kepada para peserta dan pelaku UMKM khususnya pengrajin kaos khas banyumasan yang telah berusaha sekaligus mempromosikan banyumas. Majunya Banyumas tergantung kita semua selaku warga banyumas, salah satunya adalah mendukung dan mensuport keberadaan UMKM yang ada. “Kita sudah pusat penjualan UMKM maka jangan ragi-ragu untuk berbelanja disini, selain harga murah juga mendukung kemjuan pengarjin dan pengusaha UMKM“ katanya.

 

Secara khusus bupati menyaksikan hasil karya putra-putri Banyumas itu, baik dari sisi artistik, seni dan tulisan yang menggelitik seperti “esuk menek, sore menek, nderes”. Secara pribadi Bupati lebih senang kalo kaos ada bahasa banyumasan yang menarik. “Kita mempunyai dialek kas banyumasan, yang mempunyai nilai jual, maka kedepan saya berharap motif desain ini ditambah bahasa banyumas yang gaul sehingga menarik” katanya.

 

Lebih lanjut Bupati memberi kesempatan para pemenang dan pengrajin kaos khas banyumasan untuk berjualan di sekitar Pusat UMKM Prathista Harsa. “Saya memberi kesempatan, para pengrajin untuk berjualan di sekitar Pratistha Harsa ini, apabila kalian bisa bekembang sampai bulan Februari tahun depan maka saya akan memberi tambahan modal” janji Bupati.

 

Saat memberi sambutan itu terdengar gemuruhnya Gunung Slamet yang sedang aktif maka sacara spontan bupati mengajak berdoa bersama agar gunung slamet kembali normal “Bapak ibu mari kita berdoa bersama agar Gunung Slamet yang sedang aktif saat ini segera normal, dan tidak menimbulan bahaya dan petaka bagi warga disekitarnya” ajak Bupati.

 

Sebelum diumumkan oleh Juri yang terdiri dari Drs. Bambang Widodo (Dodit), Waluyo, S.Sos dan D Putra itu, Ketua Tim Dodit sempat memberi kesempatan kepada Bupati untuk menebak, karya siapakah yang menjadi Juara I. Bupati mengatakan dari hasil yang ditorehkan mempunyai nilai tinggi dan mengandung nilai religi. “Saya menabak bahwa pembuat desain ini adalah remaja yang masih polos, dan kalo sudah orang dewasa, desainer ini orang yang tidak banyak dosanya” kata Bupati berkelakar.

 

Sebelum mengumukan Juara I, Dodit menyampaikan bahwa tebakan Sang Bupati itu benar adanya. “Juara I Lomba Desain Kaos Khas Banyumasan adalah Azizah Zatunnunnafisa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwokerto” umumnya yang mendapat sambutan meriah dari undangan yang hadir.

 

Lebih lanjut Dodit mengatakan bahwa keunggulan desain Azizah yang bergambarkan Bawor itu menjadi menarik karena belum pernah ada atau dipublikasikan sebelumnya. “Dibanding karya lain karena Gambar Bawor ini belum pernah ada atau desain baru, sehingga menjadi menarik dan tidak meninggalkan kekhasan banyumas, disamping itu visioner karena dibelakang kaos juga terdapat gambar kota Purwokerto dimasa depan”

tambah Dodit.

 

Hasil lengkap lomba desain kaos Banyumasan Juara I Azizah Zatunnunnafisa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwokerto, Juara II Simpen Desa Sokawera Kecamatan Somagede, Juara III Sudiyo Desa Kemutuglor Kec Baturraden, sedangkan peraih juara harapan masing-masing Harapan I Kukuh Prasetyo Kel Purwokerto Wetan Kec Purwokerto Timur, Sri Sana Desa Pekunden Kec Banyumas Harapan II dan Harapan III diraih oleh Woto Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar