Pusat Produk UKM Banyumas Diresmikan

Dilihat : 15560 Kali, Updated: 17 05 2014 10:26:48
Pusat Produk UKM Banyumas Diresmikan

Pusat produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Banyumas yang terletak di Blok A Pratistha Harsa di Jl. Jenderal Soedirman Purwokerto, Jum'at (16/5) diresmikan oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dan dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Banyumas, Anggota Forkompinda, Kepala Dinas/Lemtekda, Camat se Kabupaten Banyumas, perbankan di Banyumas, para pengusaha dan pelaku UMKM di Banyumas.

 

Selain meresmikan Pusat Produk UKM Bupati Achmad Husein juga menyerahkan bantuan dana bergulir total 1 milyar kepada 35 kelompok dengan jumlah anggota 628 orang yang tersebar di 12 Kecamatan  untuk tahap pertama dan sisanya akan diserahkan pada tahap berikutnya.

 

Kepala Dinperindagkop Kabupaten Banyumas, Ir. Joko Wikanto, MM dalam laporannya mengatakan, dibangunnya Pusat Produk UKM adalah sebagai wahana mengembangkan, mempromosikan dan memasarkan produk-produk UKM dan untuk meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro dan Kecil  dengan tujuan membina dan mengembangkan UMKM, menciptakan lapangan kerja dan menekan angka kemiskinan.

 

Joko juga mengatakan untuk sementara jumlah UKM yang mengisi di Pusat Produksi UKM adalah 160 dengan perincian 100 adalah produk makanan minuman kemasan dan 60 UKM produk batik serta handycraft, kedepan akan dikembangkan terus.

 

Joko menambahkan, untuk menarik para pengunjung/pembeli selama 1 minggu akan diberikan porongan (diskon) yaitu 5% untuk produk makanan dan minuman kemasan dan 10% untuk produk batik dan handycraft dengan jam oprasional dari jam 09.00 s/d jam 21.00 WIB.

 

Terkait dengan  penyerahan dana pinjaman bergulir  Joko menyampaikan, Tahun 2014 tahap I sebesar 1 milyar kepada 35 kelompok dengan jumlah anggota 628 orang tersebar di 12 Kecamatan dengan pinjaman terkecil Rp. 16.000.000 dan terbesar Rp. 50.000.000 tergantung pada jumlah anggota dan jenis usaha.

 

Joko juga menyampaikan, sampai dengan periode tahun 2014 tahap I, jumlah kelompok penerima dana pinjaman bergulir adalah sebanyak 384 kelompok dengan jumlah anggota 7.184 orang dan jumnlah pinjaman yang disalurkan sebesar Rp. 9.020.000.000 dengan prosentasi tunggakan 16%, selanjutnya tahap II direncanakan akan disalurkan Rp. 500.000.000,-

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Pusat Produk UKM adalah sebagai wujud dari komitmen Pemkab untuk mengembangkan dan meningkatkan para pelaku UKM di Banyumas agar lebih bergairah dalam berusaha dan meningkatkan produksinya sehingga akan menambah pendapatan dan kesejahteraannya.

 

Husein juga mengatakan, Pusat Produk UKM adalah sebagai tempat penitipan barang-barang milik para pelaku UKM di Kabupaten Banyumas tanpa dikenakan biaya sepeserpun alias gratis "para pelaku UKM di Kabupaten Banyumas tinggal menitipkan barang saja, petugas dan biaya listrik dan lainnya sementara dilaksanakan oleh Pemkab Banyumas melalui Dinperindagkop, kedepan kalau sudah ramai akan dikelola bersama-sama dan cara seperti  ini mungkin merupakan satu-satunya di Indonesia. " imbuhnya.

 

Husein menambahkan barang  yang dijual di pusat produksi UKM adalah barang yang berkualitas karena telah diseleksi oleh tim dari Dinperindagkop Kabupaten Banyumas dan dijual sama dengan harga di tempat produksinya sehingga diharapkan masyarakat tidak usah jauh-jauh ke tempat produksinya tapi cukup datang ke Pusat Produk UKM yang berada di pusat kota Purwokerto.

 

Kepada Dinperindakop Husein meminta, untuk untuk memberikan kenyamanan, keamananan dan keramahan  kepada para pembeli termasuk terhadap barang yang dijual belum kedaluarsa serta memberikan jaminan kepercayaan kepada para UKM yang menitipkan barangnya terkait dengan masuk keluarnya barang. 

 

Mengakhiri sambutannya Husein mengatakan, pengembangan ke depan apabila lantai bawah di Blok A Pratistha Harsa sudah ramai akan dikembangkan di lantai atas untuk para UKM sehingga diperkirakan akan mampu menyerap kurang lebih 500 UKM di Banyumas.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar