249 Rumah Program Sejuta Rumah di Bangun di Banyumas

Dilihat : 16692 Kali, Updated: Selasa, 16 Juni 2015
249 Rumah Program Sejuta Rumah di Bangun di Banyumas

Sebanyak 249 Rumah yang masuk dalam program satu juta rumah yang telah dicanangkan oleh Presiden Jooko Widodo belum lama ini segera dibangun di Banyumas, Kegiatan pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. hadir dalam kegaitan tersebut Ketua Real estate Indonesia Cabang Banyumas, Pimpinan BTN, Dinas instansi terkait dan masyarakat sekitar.

 

Direktur PT Patriot Griya Berdiikari Rundi Rantau W dalam laporannya menyampaikan, 249 Rumah yang dibangun di grumbul Depok Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan merupakan tindak lanjut dari program satu juta rumah yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowidodo belum lama ini.

 

Rundi juga menjelaskan, sasaran dalam program ini adalah untuk masyarakat yang belum punya rumah, belum pernah mengambil KPR dan penghasilan tidak boleh lebih dari  Rp 4 juta " untuk PNS dapat mengambil dengan memanfaatkan Bapeltarum" tambahnya.

 

Terkait dengan lokasi perumahan Rundi menyampaikan, saat ini akses infrastruktur menuju lokasi perlu dibangun dan pihak pengembang sudah membangun sepanjang 600 meter dan berharap dari Pemkab akan dapat membangun lanjutannya" Pak Bupati kami dari PT   sudah membangun sepanjang 600 meter dari lokasi perumahan keluar, dan berharap lanjutannya yang merupakan jalan desa bisa dibangun oleh Pemerintah Daerah" tambahnya.

 

Kepala BTN Cabang Banyumas Andi Kuntoyo dalam sambutannya menyampaikan BTN adalah bank yang diberi tugas untuk mensukseskan program satu juta rumah  dan perumahan yang dibangun adalah masuk dalam program satu juta rumah dengan uang muka 1% dan bunga 5% pertahun dan pemerintah memberikan subsidi angsuran kepada pemohon.

 

"Uang muka rumah hanya Rp. 1.200.0000,- masa angsuran 20 Tahun dan setiap angsuran yang seharusnya Rp. 1.500.000,- per bulan  karena mendapat subsidi dari pemerintah melalui kementerian Perumahan Rakyat sehingga angsurannya menjadi Rp. 680.000,-" imbuhnya.

 

Andi juga menjamin perumahan yang dibangun dengan BTN pasti akan menjadi hunian yang nyaman karena didalamnya ada rasa cinta sehingga menjadi nyaman bagi peghuninya " yang mengambil rumah ini pasti merupakan kepemilikan rumah yang pertama karena memang peruntukannya untuk orang yang belum memiliki rumah sehingga akan lebih disayangi dan akan merasa nyaman untuk di tempati" tembahnya.

 

Dalam sambutannya Bupati Achmad Husein menyampaikan, pemeilihan lokasi perumahan bersubsidi yang masuk dalam program satu juta rumah merupakan pilihan yang sangat tepat karena perkembangan kota diarahkan ke arah selatan" Lokasi ini sangat strategis berada disebelah selatan kota Purwokerto, dan sesuai dengan arah pengembangan kota yang ke arah selatan sehingga kedepan pasti akan menjadi ramai" jelasnya.

 

Menurutnya  kebutuhan rumah di Banyumas sebenarnya kurang lebih 5000 buah dan saat ini baru terbangun 249 sehingga diharapkan kekurangannya walaupun tidak 5000 dapat dicukupi " di Banyumas kebutuhan rumah kurang lebih 5000 buah dan lokasi yang berada disebelah selatan yang akan dibangun adalah milik perorangan yang sangat luas silahkan dihubungi saja untuk dijadikan lanjutan program ini.

 

Bupati berpesan, rumah tersebut peruntukannya benar-benar untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah  jangan disalahgunakan " saya minta rumah ini benar-benar untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah jangan sekali-sekali diberikan kepada orang yang sudah mampu dan sudah memiliki rumah  sehingga hak orang miskin tidak diambil" imbuhnya.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar