Rangkaian Kegiatan Tujuh Belasan di Banyumas

Dilihat : 12159 Kali, Updated: 09 08 2014 13:00:18
Rangkaian Kegiatan Tujuh Belasan di Banyumas

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus selalu diperingati sebagai momentum dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Berbagai kegiatan kerap kali dilaksanakan sebagai bentuk dari partisipasi masyarakat dalam meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Hingga saat ini, perayaan tujuh belasan selalu menjadi hiburan tersendiri bagi semua masyarakat tanpa terkecuali selain acara inti upacara peringatan detik-detik proklamasi.

 

Pada tahun 2014 ini, Panitia HUT RI Tingkat Kabupaten Banyumas Banyumas akan menggelar berbagai macam acara. Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono, M.Si selaku Ketua Panitia Tingkat Kabupaten mengatakan disamping acara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang akan dilaksanakan di Alun-alun Purwokerto juga dilaksanakan acara tambahan dan hiburan.

 

Acara akan dimulai pada hari Selasa (12/8) dengan kegiatan berupa Lomba Sepak Bola Sarung Antar Tim Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan TNI/Polri, serta ibu-ibu PKK yang bertempat di alun-alun Purwokerto. “Acara ini sebagai upaya pendekatan pimpinan daerah dengan masyarakatnya, karena pada acara ini digelar secara santai, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres dan Pimpinan daerah lainya ikut bertanding dan bermain dengan masyarakat” jelas Wahyu.

 

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan untuk terus mengupayakan kesenian dan permainan daerah akan akan dilaksanakan seperti lomba Egrang Putra dan Terompah Panjang Putri Antar Perwakilan Kecamatan yang akan dilaksanakan di Alun-alun Purwokerto Rabu (13/8) mulai jam 8 pagi. Sedangkan Festival Gegutitan akan dilaksanakan Andang Pangrenan Rabu (13/8) mulai jam 9 pagi.

 

Festival Musik Calung akan dilaksanakan di Andang Pangrenan Kamis (14/8) jam 09.00 pada saat yang sama akan didakan lomba mincing antar SKPD di Kolam Ikan Belakang Rumah Dinas Bupati. Sedangkan festival dagelan Jum’at (15/8) di Andang Pangrenan jam sembilan pagi.

 

Tidak jauh berbeda dengan perayaan sebelumnya, pada tahun ini panitia juga akan mengadakan Fesival Kentongan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat ( 15/8) pada pukul 19.30 bertempat Di Alun-Alun Purwokerto. Kegiatan ini selalu menjadi acara favorit yang selalu dinanti tidak hanya masyarakat Banyumas.

 

Sedangkan untuk acara kenegaraan ada dua acara yaitu Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Rangka Penyampaian RUU APBN Tahun 2015 dan Nota Keuangan yang akan dgelar di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Banyumas Jum’at (15/8) Jam 14.30 WIB. Dan puncak acara memperingati hari kemerdekaan RI adalah pelaksanaan Upacara  Pengibaran dan Penurunan Bendera yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, (17/8) bertempat di Alun-Alun Purwokerto, yang dilanjutkan dengan Resepsi Kenegaraan pada malam harinya di Pendopo Si Panji Purwokerto.

 

Sebagai pamungkas kegiatan tujuh belasan tingkat Kabupaten Banyumas yaitu Pemenntasan Wayang Kulit Semalam suntuk dengan menampilkan Dalang Ki Bagus Kriswanto pada hari Sabtu, (30/8) jam 20.00 WIB yang akan dilaksanakan di Andhang Pangrenan.

Komentar