Pemkab Banyumas Gelar Pameran Untuk Memotivasi Pelaku UMKM

Dilihat : 10398 Kali, Updated: 21 05 2015 16:05:19
Pemkab Banyumas Gelar Pameran Untuk Memotivasi Pelaku UMKM

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Banyumas menyelenggarakan pameran produk UMKM, pasar rakyat, lomba masak makanan dari ikan dan lomba merangkai buah, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Acara di buka oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein di Pusat Kuliner Prathistha Harsa Purwokerto, Kamis  (21/5).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Urusan Perdagangan dalam Negeri Kementrian Koprasi dan UKM RI,  unsur Forkompinda Kabupten Banyumas, Para Kepala Dinas/Lemtekda, Camat se-Kabupaten Banyumas dan lurah se eks Kotatip Purwokerto serta para peserta lomba.

 

Asekabang dan Kesra Ir. Didi Rudwianto dalam laporannya menyampaikan kegiatan pameran dilaksanakan selama 1 hari diikuti oleh 28 stand produk ungguluan berasal dari 27  Kecamatan dan 1 stand dari UKM Kelompok Soka Ayu yang merupakan binaan dari PT. Indosat bersama dengan Dinperindagkop Kabupaten Banyumas.

 

Sedangkan untuk lomba masak makanan dari ikan yang diselenggarakan oleh dinas Peternakan dan Perikanan diikuti oleh 50 peserta dai PKK Kecamatan dan Dharma Wanita, demikian juga untuk  lomba merangkai buah, umbi-umbian dan kacang-kacangan yang diselenggarakan oleh TP PKK Kab. Banyumas diikuti oleh 50 Peserta dari PKK kecamatan dan Dharma Wanita Kabupaten.

 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan 1.250 paket sembako bersubsidi bagi masyarakat prasejahtera berdaya beli rendah dari 6 Kecamatan senilai Rp. 60.000 dengan harga voucher Rp. 12.000,- .

 

Tujuan penyelenggaraan pameran adalah untuk mengenallkan, mendorong dan memberayakan UMKM yang ada di Kabupaten Banyumas untuk terus berkembang serta memotivasi para pelaku UMKM dan peserta lomba untuk lebih berkreasi dan berinovasi.

 

Sementara Asisten Deputi Urusan Perdagangan dalam Negeri melalui Kabid Pengadaan Fundiartini menyampaikan, kegiatan pameran produk UMKM dan pasar rakyat diharapkan dapat mengoptimalkan produk mikro yang ada di Kabupaten Banyumas sehingga dapat menembus pasar nasional bahkan mendunia sehingga dapat mengurangi pengguran dan kemiskinan.

 

Menurutnya untuk mempercepat perkembangannya diharapkan pelaku usaha mikro untuk bermitra dengan koprasi karena akan memudahkan dalam permodalan dan pemasarannya.

 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, kegiatan pameran dan lomba adalah supaya UMKM di Banyumas hidup, juga untuk memotivasi dan mengembangkan kreativitas sehingga akan terus berkembang.

Bupati juga meminta kegiatan pameran bukan hanya seremonial belaka tetapi untuk dapat ditindaklanjuti sehingga ada kemanfaatannya, " saya minta kegiatan ini bukan seremonial belaka tetapi benar-benar berkelanjutan, untuk itu Dinperindagkop untuk mendata secara lengkap mana UMKM yang paling baik untuk terus dikembangkan dan dipasarkan dan  Peserta lomba yang paling baik, untuk disuguhkan dalam acara resmi di Pemkab Banyumas" pintanya.

 

Bupati berharap melalui kegiatan ini UMKM semakin semangat dan tambah giat sehingga produk yang dihasilkan akan mampu menembus pasar nasional bahkan internasional dan penyerapan tenaga kerja akan semakin banyak dan mempercepat mewujudkan Banyumas yang lebih baik.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar