Kader Pendata Keluarga, Kunjungi Rumah Bupati

Dilihat : 10709 Kali, Updated: 05 05 2015 08:13:05
Kader Pendata Keluarga, Kunjungi Rumah Bupati

PURWOKERTO – Kader pendata keluarga dari RT 03 RW 04 Suwarni, Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur, mengunjungi Rumah Dinas Bupati Banyumas di Jl. Kabupaten No 1 Purwokerto untuk melakukan Pendataan Keluarga Tahun 2015. Kunjungan diterima secara pribadi oleh Bupati Ir Achmad Husein berserta Ibu Erna Husein.

 

Pendata yang berasal dari Kader KB dan Kader PKK RT ini menanyakan berbagai hal terkait dengan kependudukan, KB dan kebutuhan hidup lainya.

 

Ketika Suawarni menanyakan apakah bapak dan ibu mengikuti program Keluarga Berencana. Ibu Erna Husein menjawab sampai saat ini dirinya masih menggunakan mengikuti KB aktif dengan IUD. Ketika ditanya apakah bapak ibu masih berkeinginan mempunyai anak lagi secara bersamaan bupati dan istri menjawab “tidak”.

 

Suwarni juga menyakan berbagai hal yang terkait dengan kesejahteraan, misalnya makanan pokok, pakaian dan tempat tinggal. Setelah selasai menanyakan beberapa hal, dan dinggap cukup sesuai data yang diminta Bupati menanda tangani hasil pendataan dan menyerahkan kembali kepada Kader PKK ini.

 

Sekretaris Bapermas PKB Agus Miftah didampingi Kepala Bidang KB dan KS mengatakan bahwa tujuan pendataan ini dilakukan guna mendapatkan data keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggung jawabkan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan serta keluarga. “Pendataan dilaksanakan sampai 31 mei dan mulai hari ini maka seluruh kader pendata akan mendatangi satu persatu rumah warga” katanya.

 

Lebih lanjut Agus mengatakan kader pendata yang melakukan pendataan ini terdiri dari relawan dari kader KB, kader PKK mungkin juga guru, karang taruna/generasi muda serta pramuka di bawah koordinasi PL KB setempat. Untuk mendukung kelancaraan pendataan keluarga ini, Agus menghimbau warga untuk memberikan keterangan yang sebenar-benarnya dan tidak menutup diri saat kader pendata datang mungunjungi. “Pendataan dilakukan melalui wawancara dan observasi,” jelas Muslim.

 

Usai pendataan Bupati menghimbau agar seluruh warga Kabupaten Banyumas untuk mendukung pendataan keluarga ini. “Untuk itu ketika kader pendata mengunjungi rumah warga masing-masing, berikanlah data yang selengkap-lengkapnya,” kata Bupati.

 

Dijelaskan oleh bupati, hasil  pendataan ini sangat penting  untuk selanjutnya dipergunakan pemerintah maupun pemerintah daerah sebagai dasar penetapan kebijakan, penyelenggaraan perkembangan kependudukan, pembangunan keluarga, keluarga berencana maupun penyusunan program intervensi pembangunan kependudukan lainnya (Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar