MoU Pemkab dan Kodim 0701 Hasilkan Produksi Diatas Target

Dilihat : 10317 Kali, Updated: 02 03 2015 08:15:59
MoU Pemkab dan Kodim 0701 Hasilkan Produksi Diatas Target

Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dan Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Asep Apandi S.IP melakukan panen padi perdana program peningkatan swasembada pangan nasional yang merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama Pemkab Banyumas dengan Kodim 0701 Banyumas yang ditandatangani beberapa waktu lalu, panen dilaksanakan di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Jum'at (27/3).

 

Sebelumnya Bupati Achmad Husein meresmikan pasar Desa Kalisalak yang diberi nama Pasar Wage dan menyerahkan 5 buah gerobag sampah bantuan BPR BKK Purwokerto kepada petugas kebersihan pasar, penyerahan Hand Traktor kepada Kelompok Tani Makmur Desa Kalisalak dan Pompa air kepada Kelompok Tani Sumber Rahayu Desa Notog Kecamatan Patikraja, penyerahan kartu penderes secara simbolis  dan tasyakuran atas selesainya renovasi balai Desa Kalisalak.

 

Camat Kebasen Totot Subagyo dalam sambutan selamat datang menyampaikan, pembangunan Pasar Wage Desa Kalisalak merupakan pembangunan yang dilakukan secara bertahap dengan anggaran 100 juta berasal dari APBD, bantuan Gubenur maupun sumber lain yang sah, demikian juga renovasi  balai desa  bersumber dari anggaran APBD sebesar 80 juta pada tahun 2014 dan sumber lainnya.

 

Kepala Dinpertanbunhut Tjutujun Sunarti Rochidie mengatakan, panen perdana yang dilaksanakan merupakan salah satu hasil dari kerjasama antara Pemkab Banyumas dengan jajaran Kodim 0701 Banyumas yang disepakati beberapa waktu lalu dalam mewujudkan program swasembada pangan nasional.

 

Kepala Dinpertanbunhut Kab. Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie dalam laporannya mengatakan, panen padi perdana merupakan salah satu hasil kesepakatan antara Pemkab dengan Kodim 0701 Banyumas dalam rangka mewujudkan swasembada pangan Banyumas maupun nasional.

 

Tjutjun juga mengatakan, dari hasil ubinan yang dilaksanakan dilokasi panen untuk jenis padi ciherang dapat dihasilkan 6,9 ton/ha dari target 6,3 ton/ha sehingga melebihi target yang ditetapkan.

Tjtujun menambahkan, pada bulan maret diperkirakan akan terjadi panen raya sehingga diharapkan dapat mengatasi kenaikan harga beras yang terjadi saat ini.

 

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, kerjasama antara pemkab dengan jajaran kodim 0701 harus diperluas sampai tingkat Desa dan Kecamatan sehingga berbagai permasalahan pertanian yang ada diwilayah akan cepat teratasi.

 

Bupati  juga mengatakan, panen perdana yang telah dilaksanakan dan menghasilkan produk yang baik diatas target untuk lebih memotivasi para petani untuk lebih mempeng dan cemekel dalam pengolahan pertanian yang dimiliki atau digarap, juga diupayakan untuk semua wilayah dapat menghasilkan produk seperti yang terjadi di Kalisalak kebasen.

 

Terkait dengan selesainya pembangunan pasar Bupati  berharap pasar desa sebagai “ruh ekonomi desa” bisa dirawat, dikelola dan diberdayakan dengan sebaik-baiknya serta dikembangkan menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDEs), yang nantinya menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa maka pasar harus dirawat dijaga kebersihan, keamanan dan ketertibannya dan pedagangnya juga harus jujur, sopan dan ramah.

 

"Demikian juga dengan selesainya pembangunan Balai desa diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat akan lebih senang dan puas serta  untuk selalu dijaga dan dirawat agar awet" imbuhnya.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar