Bupati Tinjau & Resmikan Kegiatan Baznas

Dilihat : 1517 Kali, Updated: Rabu, 12 April 2017
Bupati Tinjau & Resmikan Kegiatan Baznas

Bupati Banyumas Achmad Husein meresmikan pembangunan instalasi air bersih di RT 02 RW 04 Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan dan Desa Klinting Kecamatan Somagede, serta bedah rumah di 7 lokasi berbeda di Kabupaten Banyumas dalam safari peninjauan kegiatan baznas Selasa (11/4) kemarin

Bupati Achmad Husein mengucapkan terima kasih, kepada Baznas yang telah membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. “Dari peninjauan yang dilakukan semua memang layak mendapat bantuan,” kata Bupati

“Selama ini baznas telah melakukan 89 bedah rumah dengan anggaran 15 juta/rumah, 321 benah rumah @ 4 juta, sedang air bersih di Kelurahan Tanjung 61 juta dan Klinting 45 juta,” kata Agus.

Untuk itu Bupati mengajak agar bersama-sama meningkatkan pengumulan zakat. “Penerima bantuan pasti sangat senang, sebenarnya yang harus lebih senang adalah pemberi zakat. Karena sebagian rejeki yang diterima ternyata dapat membantu orang yang kurang beruntung,” lanjut Bupati

Baznas Banyumas Targetkan 7 Miliar Zakat 2017

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, menargetkan sepanjang 2017 terkumpul zakat sebanyak Rp 7 miliar. Zakat tersebut diproyeksikan berasal dari aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum.

Ketua Baznas Banyumas, H Umar AR, Selasa (11/4) disela-sela peninjauan bedah rumah, mengatakan tahun 2016 pihaknya dapat menghimpun zakat sebesar 6,2 M lebih. Dengan semakin meningkatnya kesadaran ASN dan masyarakat membayar zakat, Baznas optimis tahun 2017 dapat mengumpulkan 7 M.

"Sampai tahun 2016 lalu, ASN di Kemenag masih menempati urutan terbanyak pengumpulan zakatnya diikuti Polres dan Dinas Pendidikan," katanya.

Umar menambahkan zakat yang masih memungkinkan ditingkatkan, dari jajaran Dinas Pendidikan, sementara ini belum optimal karena belum terbentuk unit pengumpul zakat (UPZ) di Unit Pendidikan Kecamatan (UPK)

Sekretaris Baznas Agus Setiawan mengatakan zakat yang terkumpul, didistribusikan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti pemberian sembako, biaya pengobatan, santunan penyandang cacat, biaya pendidikan, modal usaha pedagang kecil, bantuan air bersih sampat bedah rumah.

Untuk menyalurkan zakat tersebut pihaknya membuka kesempatan bagi pelajar/mahasiswa kurang mampu mendapatkan beasiswa dan juga kepada pedagang yang membutuhkan modal usaha, masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dapat mengajukan proposal bantuan ke Baznas Jl. Masjid Komplek Balai Muslimin Purwokerto.

"Setiap proposal bantuan yang kami terima, akan kami lakukan pengecekan lapangan apakah mereka berhak menerima atau tidak," tambahnya. (Humas Kabupaten Banyumas)

Komentar