Terminal Bulupitu Purwokerto Siap Hadapi Lebaran

Dilihat : 7674 Kali, Updated: Jumat, 26 Juni 2015
Terminal Bulupitu Purwokerto Siap Hadapi Lebaran

PURWOKERTO, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas Santosa Edy Prabowo menyatakan kesiapanya terhadap angkutan lebaran yang akan melalui Terminal Bulu Pitu Purwokerto dan Kabupaten Banyumas pada umunya. Hal ini disampaikan saat menerima kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Banyumas Achmad Husein, Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan dan sejumlah pejabat yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Bus Bulupitu Purwokerto Kamis (26/6) pagi.

Mendengar laporan Kepala Dinhubkominfo, Gubenur langsung melakukan inpeksi di berbagai tempat antara lain ruang tunggu, loket pembelian tiket, tempat para pedagang, fasiltas umum seperti perpustakaan dan ruang khusus menyusui.

Gubernur juga menyempatkan melihat kondisi sejumlah bus dan berbincang dengan beberapa penumpang. Selanjutnya ia meminta Dishub memastikan bus yang beroperasi memang laik jalan. Demikianhalnya dengan sopir harus fit saat mengemudi.

Gubernur juga berpesan kepada jajaran dinas perhubungan untuk secara rutin melakukan sidak bus ekonomi pada saat arus mudik dan balik lebaran 2015, dengan tujuannya untuk mengantisipasi adanya kru bus nakal yang menaikan tarif. “Memang tidak mudah untuk melakukannya, karena jumlah bus yang sangat banyak dan pelanggaran yang mereka lakukan tidak terlihat sebagaimana pelanggaran fisik’ katanya.

Gubernur berharap agar petugas Dishub secara rutin turun melakukan checking. “Lakukan sampling sebagai antisipasi adanya kenaikan tarif bus ekonomi, dan prasarana yang harus dipatuhi oleh armada bus” kata Ganjar.

Gubernur juga meminta agar pemilik atau kru bus wajib menempel informasi tarif dan badan bus. Agar penumpang tahu, berapa tarif yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan. Informasi yang sama juga mesti ditempel di setiap loket di terminal.

Usai kunjungan Kepala Dinhubkominfo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan 200 petugas yang akan melakukan pengamanan lebaran menjelang dan sesudah lebaran. “Mulai H-7 sampai H+7 setiap hari selama 24 jam sebanyak 100 personil dari Polri, TNI, Satpol PP, Petugas kesehatan, Orari dan Dishub sendiri akan berjaga di terminal dan sekitarnya” kata Edy.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk membantu para penumpang, terminal bus Purwokerto sudah menyiapkan berbagai fasilitas. “Fasilitas yang sudah ada ditingkatkan, misalnya ruang menyusui, ruang baca juga mendirikan pos kesehatan dan pos informasi” tambahnya.

(Humas Pemkab Banyumas)

Komentar