35 Anggota Paskibra di Kukuhkan Bupati

Dilihat : 1383 Kali, Updated: Rabu, 16 Agustus 2017
35 Anggota Paskibra di Kukuhkan Bupati

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengukuhkan pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Alun-alun Purwokerto pada 17 Agustus 2017. Pengukuhan sebanyak 35 anggota Paskibra itu dilakukan melalui upacara pengukuhan di Pendopo Sipanji Purwokerto, Selasa malam (15/8/2016).

Pelaksanaan upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam pengukuhan ini, Anggota Paskibra mengucapkan ikrar dan sumpah yang dipandu oleh Purna Paskibra Indonesia (PPI). Setelah itu, Bupati mengukuhkan para anggota Paskibra itu.

Bupati Achmad Husein berpesan agar mereka dapat melaksanakan kepercayaan dan kehormatan pada prosesi upacara pengibaran dan penurunan bendera tanggal 17 agustus 2017 dengan sebaik-baiknya, cermat, sigap, dan kompak, serta dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan penuh semangat, dan dengan penuh rasa bangga.

“Kalian adalah putra-putri terbaik Banyumas yang telah terpilih menjadi anggota paskibra. Kalian telah mengikuti proses yang panjang dan berkelanjutan, mulai dari seleksi yang ketat dan cermat, serta berbagai pelatihan baik kedisiplinan, ketegaran, nasionalisme, dan berbagai tempaan mental,” kata Bupati.

Menurut Bupati, pengukuhan ini harus dihayati dan direnungkan dalam sanubari bahwa misi paskibra tidak berhenti pada momentum upacara pengibaran dan penurunan bendera pada tanggal 17 agustus 2017. Artinya, selain melaksanakan misi mulia pada upacara pengibaran dan penurunan bendera peringatan HUT ke–72 Kemerdekaan RI, kedisplinan, sikap mental, jiwa nasionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk selama proses pelatihan, harus tetap terjaga, dilaksanakan dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan harus bisa memberi pengaruh positif bagi rekan-rekan kalian di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Jadilah pemuda-pemudi yang tekun belajar, disiplin, gemar bekerja keras, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, bermoral dan pantang menyerah. Jadilah generasi muda yang tangguh dan berkarakter untuk banyumas yang lebih baik, serta kemajuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati juga berharap, mereka bisa menjadi motor penggerak dalam membentengi pengaruh-pengaruh negatif. Generasi muda harus berpikir panjang, bijak dalam menentukan sikap, maju untuk menjadi penggerak dan pencetak peradaban bangsa.
Upacara Pengibaran Bendera peringatan HUT ke–72 Kemerdekaan RI, menurut rencana akan berntindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Banyumas Ir Achmad Husein. Komandan Upacara Kompol Aloysius Umbu Telu, Kapolsek Purwokerto Utara. Pasukan Pengibar Bendera beranggotakan siswa siswi SMA SMK dan MA di Banyumas akan diapit pasukan 8 anggota Denpom IV/I Purwokerto dan didampingi Pasukan 45 dari Yonif 406 / Candra Kusuma Purbalingga. Komandan Paskibra Kapten Infantri Imam Tabiin dari Yonif 406. Pembawa bendera dipercayakan kepada Rizkitania Citra Kartika siswa SMA Negeri 1 Purwokerto dan petugas bendera Fadly Ilham Saputra siswa SMA N 2 Purwokerto, Brilian Pradipta SMA Negeri 2 Purwokerto dan Nanda Faradila siswi SMA Negeri 1 Wangon.

Untuk upacara penurunan bendera Inspektur Upacara Danrem 071/WK Kolonel Infantri Suhardi, Komandan Upacara Mayor Infantri Edwin Bartatika Pasipes Korem. Komandan Paskibra Komandan Paskibra Kapten Infantri Imam Tabiin dari Yonif 406.
Pembewa Bendera Widya Siska Dewi siswa SMA Negeri 1 Banyumas, pengibar bendera Annisa Nadia Candranintyas dan Prayitno Budi Utomo siswa SMAN 1 Purwokerto dan Arif Arisandi siswa SMK Negeri 1 Purwokerto (Humas Pemkab. Banyumas)

Komentar