Dinhubkominfo Serius Siapkan Taman Lalu Lintas

Dilihat : 9628 Kali, Updated: 15 04 2014 09:26:30
Dinhubkominfo Serius Siapkan Taman Lalu Lintas

BANYUMAS – Gagasan pembuatan Taman Lalu Lintas Purwokerto, bukanlah isapan jempol belaka. Hal ini terlihat dari keseriusan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas, yang sudah mulai menyiapkan berbagai sarana pendukung yang ada Sekitar Terminal Bis Bulu Pitu Purwokerto.

 

Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Drs. Santosa Edy Prabowo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung berupa Ruang Edukasi Lalu Lintas, untuk pemutaran informasi melalu video visual tentang tata cara berlalulintas dan keselamatan jalan, serta taman disekitar terminal sudah mulai dibangun dibawah rindangnya pepohonan.

 

Menurut Edy             taman lalu lintas yang akan dibangun tahun 2014 ini, nantinya akan berfungsi sebagai tempat penyuluhan dan pendidikan keamanan berlalu lintas sekaligus sebagai taman kota, taman pepohonan dan taman lingkungan hidup di Kota Purwokerto.  “Taman lalu lintas nantinya akan menjadi taman pendidikan yang syarat manfaat untuk masyarakat khususnya anak-anak, rindang dengan pepohonan, nyaman dan aman, dilengkapi dengan ragam permainan yang memberi pembelajaran pada anak-anak untuk turut membentuk generasi yang disiplin dan bertanggungjawab dalam berlalu lintas” Jelas Edy.

 

Setiap pengunjung nantinya akan diarahkan keruang ini sebelum meyaksikan dan praktek tata cara berlalu lintas. “Setelah menyaksikan visual tata cara berlalu lintas nantinya anak-anak akan praktek ditaman dengan sarana belajar dengan adanya billboard/papan penerangan tentang rambu-rambu lalu lintas” kaya Edy.

 

Lebih lanjut Edy mengatakan bahwa tingginya angka kematian yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas, mendorong pihaknya serius menangani taman ini. “Pendidikan berlalu lintas harus kita tanamkan kepada anak cucu kita sejak dini, agar kedepan mereka tertib berlalu lintas dan tidak lagi terjadi atau meminimalisir kematian yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas” lanjutnya.

 

Ditempat terpisah Sekretaris Dinas Agus Noerhadi, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa Taman Lalu Lintas Purwokerto nantinya menjadi taman lalu lintas pertama yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupatan maupun Propinsi. “Saat ini di Indonesia baru ada dua taman lalu lintas yaitu Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Bandung dan Taman Lalu Lintas Cibubur Jakarta” kata Agus.

 

Taman ini memang dirancang untuk wahana bermain sambil belajar soal lalu lintas jalan. “Bermain sambil belajar kedisiplinan di jalan menjadi penting bagi kita semua khusunya anak-anak TK dan SD. Penanaman disiplin sejak dini menjadi bekal penting untuk mencetak pengguna jalan yang mau mentaati aturan. Mencetak pengguna jalan yang sudi berbagi dengan sesama dan tentu saja tertib berlalu lintas jalan” tambah Agus.

 

Agus juga menjelaskan rencana kedepan pihaknya akan berkerja sama dengan tempat wisata pendidikan lainya, seperti musium dan tempat bersejarah lainya. “Kita sudah memiliki Bus Sekolah yang akan kita manfaatkan untuk kegiatan edukasi bagi anak” katanya.  

 

(Sumber : Humas & Protokol Setda Kab. Banyumas)

Komentar