Bupati Banyumas Terima Piala Adipura dari Wapres

Dilihat : 10620 Kali, Updated: 06 06 2014 08:13:07
Bupati Banyumas Terima Piala Adipura dari Wapres

Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein Kamis (5/6) kemarin, menerima penghrgaan piala Adipura dari Wakil Presiden Republik Indonesia Prof.DR Boediono di Istana Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Selatan No. 6b Jakarta Pusat pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional Tahun 2014.

 

Selain Kabupaten Banyumas untuk Kabupaten/Kota di Jawa Tengah antara lain kota Semarang untuk kategori kota metropolitan, kota cilacap untuk kategori kota sedang, kota temanggung, Purbalingga, Boyolali, Wonosobo, Sragen dan Karanganyar masing-masing untuk kategori kota kecil dan kota Surakarta yang hanya mendapatkan sertifikat adipura.

 

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas Dwi Pindarto, SH.M.Hum yang turut mendampingi Bupati Banyumas dalam keterangannya mengatakan, penghargaan yang diterima kota Purwokerto Kabupaten Banyumas adalah langsung piala untuk kategori kota sedang, walaupun sudah vakum kurang lebih 18 tahun.

 

“Kita menerima penghargaan langsung dalam bentuk piala karena ada beberapa kabupaten/kota di Indonesia yang masih menerima dalam bentuk sertifikat maupun plakat, ini menunjukan bahwa keseriusan dan upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat Banyumas  untuk mewujudkan kota yang bersih sangat luar biasa karena kita mampu melampaui standar nilai yang ditetapkan”. imbuhnya

 

Dwi menambahkan, walaupun kondisi awal dari hasil pemantauan terakhir oleh tim penilai pusat tepatnya pada akhir tahun 2013, Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas baru  mencapai nilai 70,74 dari standar nilai minimal 75,00 karena masih lemah pada komponen-komponen tertentu diantaranya komponen pasar, jalan, sekolah, terminal, perumahan, perairan terbuka dan TPA.

 

Berbagai upaya  telah dilaksanakan antara lain dengan membentuk tim pengarah dan tim teknis program adipura, melakukan koordinasi dengan pusat pengelolaan ekoregion jawa Kementrian Lingkaungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, bekerjasama dengan Unsoed dalam hal pemberdayaan masyarakat dan bekerjasama dengan beberapa LSM dan berbagai kegiatan untuk menggerakan masyarakat seperti kerjabakti bersih lingkungan, jum'at bersih, penembatan tempat-tempat sampah di seluruh jalan di Kota  Purwokerto, pemantauan oleh Bupati, wakil bupati dan seluruh tim pemantau.

 

"Atas kerja kerja keras dan dukungan seluruh elemen Masyarakat di Banyumas akhirnya pada penilaian kedua di bulan Maret s/d April 2014 kita mampu mendongkarak di berbagai komponen yang kurang dan akhirnya mampu meraih adipura kembali yang sudah lama dinanti oleh msyarakat Banyumas, bahkan yang paling menggembirakan kita langsung menerima piala, ini prestasi yang sangat spektkuler " imbuhnya.

 

Usai menerima Penghargaan Bupati Achmad Husein mengatakan, Keberhasilan Kabupaten Banyumas memperoleh Penghargaan Adipura merupakan sebuah prestasi yang sangat menggembirakan , karena telah kurang lebih 18 tahun vakum dari penghargaan adipura yang merupakan sebuah cermin bahwa kota Purwokerto selama itu belum masuk katagori sebagai kota bersih.

 

Penghargaan Adipura merupakan hasil kerja keras seluruh aparat di jajaran Pemerintah Kabupaten Banyumas dari tingkat Kelurahan sampai dengan tingkat Kabupaten serta dukungan seluruh masyarakat Banyumas yang terwujud dengan berbagai kegiatan untuk selalu melaksanakan kegiata kebersihan lingkungan.

 

Husein berharap, melalui momentum adipura masyarakat Banyumas untuk selalu melakukan budaya hidup bersih yaitu secara rutin  selalu melaksanakan berbagai kegiatan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat baik oleh individu maupun kelompok masyarakat sampai kapanpun dan jangan karena semata-mata untuk meraih adipura.

 

"Adipura bukan satu-satunya tujuan, tapi filosofi/hakekat yang terkandung didalamnya yaitu terciptanya lingkungan yang sehat, nyaman, aman, teduh dan damai benar-benar nyata/tercapai dan masyarakat benar-benar mampu untuk berperilaku untuk menciptakannya" jelasnya. 

 

Hari ini Piala Adipura dikirab

sebagai ucapan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Banyumas piala adipura hari ini akan dikirab di sepanjang kota purwokerto” demikian penjelasan sekda Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budisaptono, M.Si.

 

Kirab piala adipura akan dilaksanakan pada hari Jum'at 6 Juni 2014 dengan rute dari Taman Rekreasi Andhang Pangeran Purwakerta ke utara yaitu menelusuri jalan S Parman, perempatan Srimaya belok ke arah barat sepanjang jalan Jenderal Soedirman dan masuk ke Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas untuk diterima oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein.

 

“Kirab direncanakan akan diikuti kurang lebih 800 peserta yang berasal dari jajaran pemerintah, para petugas kebersihan, pramuka, kelompok hijau, relawan,Forum Peduli Jalan,  rombongan becak, dokar dan dari elemen masyarakat serta akan dimeriahkan dengan drum band dan kenthongan” jelasnya.

 

Wahyu menjelaskan, kirab piala adipura dimaksudkan untuk menunjukan kepada seluruh masyarakat bahwa berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh masyarakat telah mebuahkan hasil yaitu berupa penghargaan adipura  sebuah cermin kota Purwokerto masuk katagori kota bersih.

 

Wahyu juga  menjelaskan, Kirab juga dimaksudkan untuk memotivasi masyrakat untuk selalu dan selalu berprilaku dan berbudaya hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkunan setiap hari baik secara individu maupun kelompok. (Hms)

Komentar