BBGRM XI dan HKG PKK Ke-42 Tahun 2014 Dicanangkan di Pamijen Baturraden

Dilihat : 10126 Kali, Updated: 13 05 2014 09:44:24
BBGRM XI dan HKG PKK Ke-42 Tahun 2014 Dicanangkan di Pamijen Baturraden

Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein, Senin (12/5) kemarin,  mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42 Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Banyumas. Pencanangan dilaksanakan di Desa Pamijen Kecamatan Baturraden, Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Bakorwil III Jawa Tengah, Kepala Bapermades Provinsi Jawa Tengah, Wakil Bupati Banyumas, Unsur Forkompinda Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas/Lemtekda se-Kabupaten Banyumas, Camat se-Kabupaten Banyumas Kades se-Kecamatan Baturraden, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupten Banyumas, TP PKK Desa se-Kecamatan Baturraden dan  tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pelajar dan masyarakat setempat.

 

Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas  Hj. Erna Achmad Husein dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

 

Adapun tema pada kegiatan BBGRM dan HKG PKK Tahun 2014 adalah  “Dengan Bulan Bhakti Gotong Rotong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Partisipasi Keluarga dan Semangat Gotong Royong Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Berintegritas dan Mandiri”.

 

Usai menyerahkan hadiah lomba kepada 32 pemenang lomba dan penyerahan penghargaan dan bantuan sosial kepada 3 penerima dan penyerahan secara simbolis perlengkapan perwakilan relawan sungai dan jalan, Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan,gotong royong merupakan budaya warisan nenek moyang yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat  Indonesia. juga merupakan kekayaan adat-istiadat dan inti modal sosial bangsa yang didalamnya terkandung nilai-nilai komposit sosial budaya dari berbagai sub kultur masyarakat yang tersebar di seluruh nusantara.

 

Husein juga mengatakan, ruh Bangsa Indonesia adalah Pancasila dan sila-sila yang terkandung dalam pancasila adalah gotong royong yang menggambarkan satu usaha/upaya untuk membangun masyarakat/bangsa Indonesia sebagaimana  founding father, Bung Karno, pada saat sidang membicarakan dasar negara, 1 Juni 1945,  gotong royong menggambarkan satu usaha , satu amal, satu pekerjaan. Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjunganan bantu membantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagian semua, holopis kuntul baris buat kepentingan bersama, untuk itu budaya gotong royong wajib dilestarikan dan ditingkatkan di masyarakat.

 

Husein berpesan melalui momentum bulan bhakti gotong royong masyarakat perlu ditingkatkan untuk menghilangkan pragmatisme dan mengembalikan spirit kebangsaan gotong royong, karena di era reformasi, era demokratisasi serta era globalisasi saat ini, budaya gotong royong dirasakan semakin memudar dengan masuknya budaya kapital ke pedesaan yang mengubah nilai-nilai kolektifitas menjadi materialistis.

 

Terkait dengan HKG PKK ke- 42 Bupati Achmad Husein mengatakan, eksistensi gerakan PKK sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat dengan wanita sebagai penggerak dan dinamisatornya, secara nyata  telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan daerah, khususnya dalam pemberdayaan potensi perempuan untuk mendukung peningkatan ekonomi keluarga melalui pengembangan usaha kecil dan rumah tangga (home industry), pendidikan anak, khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD), peningkatan gizi anak melalui posyandu, dan lainnya.

 

Husein bepesan, melalui  momentum hari kesatuan gerak PKK ke 42 yang diintegrasikan dengan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke 11  dapat lebih memotivasi dan menggelorakan gerakan PKK di Kabupaten Banyumas dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

 

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan pelayanan KB dengan mobil keliling, Gelar Karya Pemberdayaan (PNPM dan PKK Kecamatan), penebaran benih lele, peresmian jalan dari dana bantuan Gubenur Jateng dan peresmian Jembatan penghubung Desa Pamijen dan Grumbul Kalamentah desa Kebumen Kecamatan Baturraden.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar