Bupati Lantik Kader Siaga Trantib Tingkat Kabupaten

Dilihat : 13000 Kali, Updated: 16 05 2014 09:27:12
Bupati Lantik Kader Siaga Trantib Tingkat Kabupaten

Dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban di masyarakat, Pemkab Banyumas membentuk Kader Siaga Trantib (KST), pengukuhan KST tingkat Kabupaten Banyumas dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein di Pendopo Si Panji Rabu (14/5) kemarin, hadir menyaksikan Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan Dinas Instansi terkait dan Camat se eks Kotatip Purwokerto.

 

Kepala Satpol PP Kabupaten Banyumas Dra. Rusmiyati M.MPd dalam laporannya mengatakan, KST dibentuk dengan tujuan untuk meningkakan partisipasi masyarakat agar bisa membantu menyelesaikan permasalahan permasalahan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,  melalui teknis diteksi dini dan lapor cepat secara berjenjang dan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya iklim yang kondusif, aman, tentram dan tertib yang dimulai dari lingkungan sendiri.

 

Rusmiyati juga mengatakan, dibentuknya KST di Banyumas diharapkan akan memudahkan penanganan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di wilayah Desa/Kelurahan, membangun komunikasi yang cepat untuk penanganan bersama antara aparatur dan masyarakat dari tingkat Desa/Keluarahan, Kecamatan, Kabupaten/kota, hingga provinsi dan untuk menekan angka gangguan kertertiian umum dan ketentraman masyarakat Jawa Tengah.

 

Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Arif Irwanto dalam sambutannya mengatakan, KST dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dimana  disebutkan bahwa urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota salah satunya adalah meliputi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

 

Arif juga mengatakan, dalam menjalankan amanat undang-undang tersebut pemerintah tidak bisa sendiri sehingga diperlukan peran dan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat.

 

Arif mencontohkan, dari jumlah Perda yang ada sekarang baik di Tingkat Provinsi maupun Kabupaten tidak sebanding dengan jumlah anggota aparat satpol PP yang ada sehingga diperlukan peran masyarakat untuk bersama-sama menciptakan trantribmas.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, untuk mengoptimalkan kinerjanya anggota harus merasa bangga sebagai KST, diniati dengan ibadah dalam dalam menjalankan tugas mulia membantu mewujudkan dan melestarikan ketentraman dan ketertiban umum di msasyarakat.

Husai juga mengatakan, sebagai KST harus memiliki jiwa besar. luirus, tidak memihak karena masyarakat yang dilayani berasal dari berbagai golongan sehingga akan mudah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai KST.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar