Masakan Khas Banyumas Layak Masuk Hotel

Dilihat : 6841 Kali, Updated: 12 09 2014 10:54:43
Masakan Khas Banyumas Layak Masuk Hotel

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan pengusaha hotel di Purwokerto, agar makanan dan minuman khas Banyumasan menjadi salah satu menu di hotel mereka. “Makanan kita layak menjadi salah satu menu makanan di hotel berbintang” katanya pada acara lomba makanan dan minuman khas Banyumasan, Kamis (11/9) di Pratistha Harsa Purwokerto.

 

Kepala Dinperindagkop Kabupaten Banyumas Ir. Joko Wikanto mengatakan bahwa kegiatan bertujuan untuk peningkatan kreatifitas dan kemampuan memasak juga untuk meningkat kembangkan masakan khas banyumasan. "Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan menjadi salah satu andalan dalam upaya mempromosikan daerah banyumas dengan makan khasnya" ungkap Joko.

 

Lomba makanan dan minuman khas banyumasan tersebut kata Joko, diikuti ibu-ibu dari 27 kecamatan se Kabupaten Banyumas. "Pada peserta dinilai oleh juri yang profesional masing-masing dari Chef Hotel Berbintang “Horison” Sugito, Guru Tata Boga dari SMKN 3 Purwokerto Nani Faizatun, S.Pd dan Perwakilan dari TP PKK Kabupaten Banyumas" katanya.

 

Turut menyaksikan kegiatan ini Kepala SKPD, Camat, Kepala BUMN BUMD juga Ketua Organisasi Wanita di Kabupaten Banyumas.

 

Bupati menyampaikan bahwa semakin hari semakin banyak kreatifitas makanan banyumasan. Menurut Bupati makanan khas banyumas lebih enak dan tak kalah dengan makanan frenchise dari luar. “Makanan kita lebih unik, lebih enak tinggal cara pengemasan dan penyajiannya” katanya.

 

Bupati menanyakan kepada Sugito Chef Hotel Berbintang “Horison” yang menjadi salah satu Juri, apa sekiranya masakan ini layak masuk hotel. Sugito menyampaikan bahwa beberapa makanan yang disajikan layak masuk hotel. “Terutama masakan yang menjadi juara ini layak masuk hotel” kata Sugito.

 

Untuk itu Bupati berjanji akan melakukan pendekatan agar pengusaha hotel di Purwokerto ikut mempromosikan makanan dan minuman khas banyumas agar lebih terkenal dengan menjadikan salah satu menu. “Minimal seminggu sekali makanan khas banyumas menjadi salah satu menu disana” harapnya.

 

Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya dewan Juri menetapkan pemenang sebagai berikut Juara I Kecamatan Sumbang, Juara II Kecamatan Banyumas, Juara III Kecamatan Kembaran sedangkan untuk Juara Harapan I Kecamatan Baturraden, Harapan II Kecamatan Jatilawang dan Juara Harapan III Kecamatan Sumpiuh.  

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar