Kementerian Pekerjaan Umum Siapkan Bantuan

Dilihat : 10557 Kali, Updated: 19 09 2014 09:26:09
Kementerian Pekerjaan Umum Siapkan Bantuan

Tim Penanggulangan Bencana Alam (PBA) dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia kemarin, Kamis (18/9) berkunjung di Kabupaten Banyumas, tim dipimpin oleh Staf Ahli Mentri PU Danis Hidayat Sumadilangga selaku Ketua harian PBA Kementrian PU, Staf Dirjen Sumber Daya Air, Staf Dirjen Bina Marga dan Staf Dirjen Ciptakarya.

 

Tim diterima oleh Bupati Achmad Husein di ruang Salon rumah dinas Bupati Banyumas didampingi oleh Sekda, Asisten, Kepala SDABM kepala DCKKTR dan BPBD Kabupaten Banyumas serta dihadiri oleh BPBD Kabupaten Purbalinga, Brebes, Pemalang dan Tegal.

 

Danis mengatakan, maksud kunjungangannya adalah untuk menyampaikan bahwa PBA Kementria PU telah menyiapkan berbagai bantuan dari aspek Sumber Daya air, Binamarga dan Cipta Karya untuk penanganan erupsi Gunung Slamet, baik sebelum, saat terjadi dan pasca bencana.

 

Kunjungan tim juga menginventarisir  apa yang perlu didukung dari kementrian PU sehingga tim akan berada di Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Brebes dan Tegal untuk beberapa hari untuk melihat langsung di lapangan.  

 

"Berbagai  komponen untuk membantu sudah kami siapkan seperti alat berat, jembatan helli, bronjong untuk antisipasi lahar dingin apabila terjadi hujan, mobil tangki air, hidran, WC umum dan lainnya sudah disiapkan masing-masing berada di Yogyakarta, Semarang dan Tegal apabila ada perintah siap diluncurkan untuk waktu kurang dari 10 jam" jelasnya.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Banyumas telah melakukan berbagai upaya untuk antisipasi erupsi Gunung Slamet seperti perbaikan jalur evakuasi berupa pengaspalan, pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), papan petunjuk evakuasi, masker dan peta becana yang dipasang ditempat-tempat yang strategis untuk  dibaca masyaraakat.

 

Pemkab bersama unsur TNI dan Polri telah menyiapkan posko, kendaraan pengangkut, tenaga medis dan pendukung lainnya bahkan personil TNI dan Polri setiap saat sudah berada di jalur evakuasi untuk membantu masyarakat apabila terjadi erupsi dan harus dilaksanakan pengungsian.

 

Husein menambahkan, untuk Kabupaten Banyumas  yang perlu diperhatikan adalah dari Infrastruktur Jalur Evakuasi, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dan alat Komunikasi, dimana untuk jalur evakuasi masih ada jalan yang perlu dperbaiki, LPJU di beberapa titik dan alat komunikasi yang cepat untuk informasi langsung ke masyarakat.

 

keberadaan Tim dari Kementrian PU di Banyumas dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di Desa Melung, Kutaliman, Karangmangu, Kotayasa, Kemutug, limpakuwus Gandatapa dan langsung ke Kabupaten Purbalingga.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar