Bupati Serahkan Bantuan Sembako

Dilihat : 10151 Kali, Updated: 08 11 2014 11:20:02
Bupati Serahkan Bantuan Sembako

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 269 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Sambeng Kulon, Kecamatan Kembaran, Rabu(5/1) di Kantor Desa Sambeng Kulon. Bantuan diberikan karena panen petani yang turun akibat musim kemarau.

 

Bupati Banyumas, menghimbau kepada warga agar tetap bekerja keras dan semangat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Walaupun Banyumas tidak terlalu parah akan kerawanan pangan, Pemerintah Banyumas tetap berupaya memberi bantuan kepada masyarakat. Semoga ini menjadi motivasi untuk tetap berkerja bekerja dan bekerja” pesan Bupati.

 

Dalam laporanya Kepala Desa Sambeng Kulon Muntasir mengatakan bahwa hasil panen warganya menurun drastis akibat serangan hama wereng dan efek kemarau panjang. Petani hanya menghasilkan 2,7 ton tiap hektare. “Sudah dua kali tanam hasilnya tudak maksimal,” ujarnya.     

 

Melihat kesulitan warganya, dia berupaya mengajukan permohonan bantuan kepada Bupati Banyumas melalui BAPELUH Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan. “Alhamdulillah bisa terealisasi, saya sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapeluh KP dengan adanya program penanganan daerah rawan pangan ini,” ungkapnya.

 

Setiap keluarga mendapatkan paket sembako berisi 5 kg beras, 1,5 kg telur, 1 liter minyak goreng dan 4 bungkus mie instan. “Dengan kondisi seperti ini, hal kecil akan sangat bermanfaat, apalagi bisa ketemu Bupati Langsung,”ungkapnya.

 

Kepala Bapeluh Pertanian, Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan Banyumas Ir Widarso MM mengatakan, Banyumas khususnya Purwokerto, potensi adanya daerah rawan pangan sangat kecil. “Tanah di sini subur, banyak mereka yang bisa bertani, hal seperti ini hanya terjadi saat tertentu. Misalnya saat musibah kekeringan, banjir dan hama,”jelasnya.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar