Banyumas Canangkan HMPI & BMN 2014

Dilihat : 10440 Kali, Updated: 02 12 2014 13:37:45
Banyumas Canangkan HMPI & BMN 2014

Bertempaat  di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen, tepatnya di Grumbul Karangbanar , Senin (1/12) kemarin dilaksanakan pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2014.  Pencanangan dilaksanakan oleh Bupati Banyumas Ir. H.Achmad Husein dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas, Unsur Forkompinda, Instansi Vertikal, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Banyumas, jajaran Perbankan di Kabupaten Banyumas, Pimpinan Dinas/Lemtekda tingkat Kabupaten Banyumas dan  Camat se-Kabupaten Banyumas.

 

Kegaitan pencanganan diawali dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Banyumas, Forkompinda, Kepala Dinpeertanhut dan Organisasi Wanita dan secara bersamaan oleh masyarakat Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen.

 

Kepala Dinpertanbunhut Kabupaten Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie  dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan HMPI dan BMN berupa  penanaman satu milyar pohon adalah sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon dan untuk mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan

 

Sedangkan tujuannya adalah untuk menambah tutupan lahan guna mencegah longsor dan banjir dimusim hujan, menyerap karbondioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industry pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan.

Tjutjun juga menyampaikan Kabupaten Banyumas memiliki lahan kritis seluas 4.207,52 Ha dan agak kritis 33.262,54 sehingga perlu dilaksanakan rehabilitasi lahan kritis salah satunya dengan HMPI dan BMN berupa penanaman 1 milyar pohon.

 

Tjutjun menambahkan, sampai dengan bulan November 2014 Kabupten Banyumas telah menanam 2.304.219 batang dari target yang dicanangkan 6 juta pohon, sedangkan yang ditanam desa Kalisalak Kecamatan Kebasen sebagi lokasi pencanangan adalah sejumlah adalah sebanyak 54.098 batang terdiri dari bibit kegiatan kebun bibit rkyat 50.000 batang terdiri dari 10.000 batang pohon Akasia dan 35.000 batang pohon alba dan 5.000 batang bantuan dari APBD Kabupaten Banyumas berupa bibit durian.

 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein  mengatakan, peringatan HMPI dan BMN dengan kegiatan berupa penanaman satu  milyar pohon bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia.

 

Sedangkan makna tema yaitu  "Hutan lestari untuk mendukung kedaulatan pangan, air dan energi terbarukan" adalah dimaksudkan untuk mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Husein juga mengatakan, sebagaimana undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka urusan pelaksanaan pengelolaan taman hutan raya di Kabupaten/Kota adalah menjadi tanggungjawab Bupati/Walikota.

 

Berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di dalam atau di sekitar hutan dalam rangka pengentasan kemiskinan Siti Nurbaya minta agar  Gubernur, Bupati / Walikota untuk pengembangan Hutan Kemasyarakatan (HKM), Hutan Desa (HD) Hutan Tanaman Rakyat (HTR), dan pembangunan hutan rakyat pola kemitraan dapat terus berlangsung.

 

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan  bibit tanaman masing-masing kepada Ibu Erna Achmad Husein Ketua TP PKK Kab. Banyumas berupa bibit tanaman mangga dan rambutan bantuan CSR BNI Cabang Purwokerto, Bapak Hasan Susanto Kelompok Tani  dan Ternak Maju Makmur Desa Alasmalang Kemranjen bantuan pembuatan Hutan Rakyat Pengkayaan seluas 100 ha jenis tanaman jati, akasia mangium, pala dan maesopsis emeni, Ibu Daryati Kelompok Tani Wana Lestari Desa Gunung Wetan Jatilawang bantuan bangunan konservasi tanah dan air berupa 5 unit Dam penahan dan 5 unit gullu plug jenis tanaman pala, Bapak Yusup Amurudin Alkasito LMDH Makum Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen bantuan pembuatan 25 unit kebun bibit rakyat di 25 Desa berupa bibit tanaman alba, dan Bapak Adi Asmudi Kelompok Tani Banar Lestari Mulya Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen bantuan bibit alba sejumlah 1000 batang dan jati 800 batang dari APBD Kabupaten Banyumas.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

 

Komentar