Banyumas Canangkan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon

Dilihat : 9177 Kali, Updated: Rabu, 16 Desember 2015
Banyumas Canangkan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon

Bertempaat di Desa Buniayu Kecamatan Tambak , Selasa (15/12), dilaksanakan pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan menanam pohon dalam rangka Gerakan Penanaman 1 milyar pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP)Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2015.

Pencanangan dilaksanakan oleh Bupati Banyumas Ir. H.Achmad Husein dan wakil Bupathi dr. Budhi Setiawan dihadiri oleh Unsur Forkompinda Kabupten Banyumas, Instansi Vertikal di Kabupaten Banyumas, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Banyumas, Jajaran Perbankan di Kabupaten Banyumas, Pimpinan Dinas/Lemtekda taingkat Kabupaten Banyumas dan Camat se Kabupaten Banyumas serta Organisasi Wanita di Banyumas.

Kegiatan pencanangan ditandai dengan penyerahan bantuan tanaman secara simbolis kepada 4 kelompok tani masing-masing Kelompok tani Nindang Permai Desa Kutaliman Kec, Kedungbanteng, Kel. Tani dan Ternak Maju Makmur Desa Alasmalang Kemranjen, Kel. Tani Delima Sari Desa Petahunan Pekuncen dan Kelompok Tani Sido Makmur Desa Buniayu Kecamatan Tambak dan penanaman pohon oleh Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, wakil Korem 071 Wijayakusuma, juga oleh TP PKK Kabupaten Banyumas, GOW Kab. Banyumas.

Kepala Dinpertanbunhut Kabupaten Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidi dalam laporannya mengatakan, jumlah pohon yang ditanam sampai dengan bulan Desember 2015 di Kabupaten Banyumas sebanyak 1.393.753 batang yang berasal dari Pemkab Banyumas dan sumbangan dari berbagai instansi

"Tahun ini kita sudah mennam kurang lebih 1.393.753 batang pohon yang berasal dari Dinpertanbunhut dan bantuan dari berbagai instansi diantaranya Perum Perhutani Banyumas Timur, PT. Mitra Lestari Abadi Wangon, BLH,PT.DSN Sokaraja, Perum perhutani Banyumas Barat, PT Taspen Purwokerto, Perum Perhutani KPH Kedu Selatan, PT Pundi Indokayu Industri Kalibagor, Semen Bima, Bank Jateng Cabang Purwokerto, BPR BKK Purwokerto, Dinas Pendidikan Kab. Banyumas, PT Giri Santosa Adiraya Sokaraja, BNI Syariah Cabang Purwokerto, BTN Pwt, PT PLN Purwokerto, DCKKTR, CV. Karya Purbaya, PDAM Tirta Satria, Bank Jateng Syariah Pwt, dan Swadaya Masyarakat" jelasnya.

Sedangkan pohon yang ditanam di lokasi pencanganan di Desa Buniayu selumlah sejumlah 53.550 batang " untuk pohon yang ditanam di desa Buniayu sebagai lokasi pencanangan adalah sebanyak 53.550 batang terdiri dari kegiatan kebun Bibit Rakyat 50.000 pohon alba, dan bantuan APBD berupa 3.000 batang jati, 250 Pala dan 300 batang Kakao" tambahnya.

Maksud dan tujuan dilaksanakan penanaman satu milyar pohon adalah sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon dan untuk mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Sedangkan tujuannya adalah untuk menambah tutupan lahan guna mencegah longsor dan banjir dimusim hujan, menyerap karbondioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industry pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, Gerakan menanam satu milyar pohon jangan hanya seremonial tapi terus digalakan dimasyarakat karena dapat menyelamatkan dunia, semakin banyak pohon yang ditanam semakin segar udara dan semakin banyak mata air dan akan semakin banyak pula rizki masyrakat sehingga akan lebih bahagia sebaliknya sedikit pohon yang ditanam udara akan menjadi panas dan banyak bencana.

Bupati juga berpesan agar pohon yang telah dibagikan agar benar-benar ditanam dan dipelihara " saya minta pohon yang telah dibagikan benar-benar ditanam jangan dibiarkan saja dan setelah ditanam untuk dipelihara, dirawat jangan sampai mati, sehingga menambah tutupan lahan untuk mencegah longsor dan banjir dimusim hujan," pintanya.

Kepada Organisasi Wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Bupati mengharapkan agar GOW yang mempunyai akar organisasi sampai kedesa untuk berperan lebih aktif dalam gerakan penanaman pohon dengan menggerakan para perempuan untuk bersama-sama melaksanakan penanam pohon di sekitar lingkungannya (Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar