RKPD Terbaik, Banyumas Terima Hadiah 1 Milyar dari Gubernur Jateng

Dilihat : 7752 Kali, Updated: Kamis, 28 April 2016
RKPD Terbaik, Banyumas Terima Hadiah 1 Milyar dari Gubernur Jateng

PURWOKERTO - Dinobatkan menjadi terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam bidang Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Banyumas mendapatkan tropy Pangripta Abipraya dan bantuan keuangan Rp. 1 milyar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Tropy dan bantuan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein pada pembukaan Musawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Provinisi Jawa Tengah (Musrenbang Prov), Selasa (26/4).

Selain menjadi terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah, Dokumen RKPD Tahun 2016 juga masuk 16 besar nasional yang pengumumannya dilaksanakan pada pembukaan Musrenbangnas di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (20/4) lalu yang dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Bupati dan Gubernur nominasi dan kepala Bappeda provinsi se Indonesia.

Kepala Bappeda Kabupaten Banyumas Ir. Eko Prijanto, MT menjelaskan Penghargaan Pangripta adalah penghargaan untuk pemerintah daerah yang berhasil menyusun RKPD dengan kualitas baik, untuk tingkat Nasional Pangripta Nusantara dan  tingkat Provinsi Pangripta Abipraya.

Banyumas menjadi terbaik tingkat Provinsi dan 16 besar Nasional setelah dinilai oleh tim provinsi dan pusat meliputi keterkaitan, Konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, dan inovasi Kebijakan.

"Untuk Tahap pertama tingkat provinsi paremeter penilaian antara lain keterkaitan bobot 15%, Konsistensi 20%, Kelengkapan dan kedalaman 40%,keterukuran 10% dan Inovasi kebijakan 15%, sedangkan untuk tingkat nasional keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, Bottom-Up, top down, tekonkratik, Politik, inovasi proses dan program daerah masing-masing bobot 5%,tampilan dan presentasi  dan kemampuan presentasi 25 % dan penguasaan materi (pengetahuan tentang RPJMN 2016-2019, institusional leadership, bahasa penyampaian, gesture, kualitas argumentasi dan waktu bobot 25%" jelasnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein megatakan, diterimanya penghargaan merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang dimotori oleh Bappeda Kabupaten Banyumas juga merupakan  amanah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan juga sebagai indikator bahwa Dokumen perencanaan pembangunan di Banyumas menunjukan kualitas yang baik.

“Ini sebagai salah satu indikator bahwa perencanaan pembangunan di Kabupaten Banyumas yang dimulai dari musrenbang desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten serta kolerasi dengan Provinsi dan Nasional telah berjalan dengan baik, dan terima kasih kepada semua pihak terutama jajaran Bappeda sehingga kita diakui oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah dan Pusat bahwa Dokumen perencanaan pembangunan kita baik ” jelasnya

Husain juga mengatakan penghargaan juga  sebagai wujud dari pelaksanaan tahapan pembangunan daerah untuk pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan telah sesuai. “Untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Banyumas 2013-2018 telah ditetapkan telah disusun dan ditetapkan tahapan-tahapan pembangunan daerah dimana tahun pertama (2014) tahap konsolidasi tahun penegasan komitmen, kedua (2015) tahap penguatan tahun pemberdayaan masyarakat & percepatan pembangunan infrastruktur, ketiga (2016) tahap penguatan tahun penguatan pembangunan, keempat (2017) tahap pemantapan tahun peningkatan keadilan pembangunan, dan kelima (2018) tahap keberlanjutan tahun dimana Kabupaten Banyumas yang sejahtera berdaya saing dan berbudaya berdasarkan iman dan taqwa, dan sampai tahun ke tiga  telah dilaksanakan sesuai dengan tahapannya.

Contohnya kita telah menetapkan  2015 tahun pemberdayaan masyarakat & percepatan infrastruktur diwujudkan dengan peningkatan anggaran infrastruktur sepuluh kali lipat dari tahun sebelumnya dan telah membangun 58 ruas jalan di Banyumas dengan aspal hotmix dan infrastruktur lainnya, 2016 sebagai penguatan pembangunan yang akan dijalankan dengan 8 program strategis” imbuhnya. 

Husein berharap agar penghargaan ini terus dipertahankan dan untuk lebih memotivasi dalam pelaksaanaan tahapan perencanaan pembangunan yang telah ditetapkan " saya berharap penghargaan ini untuk dipertahankan dan terus ditingkatkan juga sebagai motivasi sehingga perencanaan pembangunan kedepan semakin berkualitas”harapnya. (Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar