PMI Banyumas Tambah 35 Korps Sukarela

Dilihat : 7754 Kali, Updated: Selasa, 10 Mei 2016
PMI Banyumas Tambah 35 Korps Sukarela

PURWOKERTO : Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ke 153 Tahun (Red Cross Day), Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyumas menggelar apel dan melantik 35 Korps Sukarela (KSR) dan 16 Tenaga Sukarela (TSR). Pelantikan dilaksanakan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, Minggu (8/5/2016) di Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto.

Apel dan pelantikan dihadiri oleh Ketua PMI Dibyo Yuwono berserta jajaran pengurus dan Dewan Pembina serta ratusan KSR, TSR, Palang Merah Remaja (PMR) dan keluarga besar PMI Cabang Banyumas.

Pengurus Cabang Bidang Relawan dan Diklat Mukti Fidianto mengatakan 35 Korps Sukarela dilantik setelah mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan. “Ketiga puluh lima KSR ini merupakan saringan dari 65 peserta yang tepilih sejak masa orientasi yang dimulai bulan Januari 2016” jelasnya.

Mukti melanjutnya pendidikan dan pelatihan dilaksanakan beberapa tahap, mulai dari orientasi, pra diklat, diklat dan paska diklat. “Kegiatan Diklat KSR secara utuh baru dilaksanakan tahun ini, hal ini mengacu pada Diklat Relawan PMI dengan materi 120 jam yang meliputi kebencanaan, percarian orang hilang dan lain sebagainya tentang Searc and Rescue” tambahnya.

Untuk KSR ini Diklat dilaksanakan 5 hari penuh mulai tanggal 3 sampai dengan 8 Mei, dengan Instruktur dari Kodim 0701 Banyumas. “Bahkan sebelum pelantikan para peserta mengadakan long marh dari lapangan Kalipagu Ketenger Baturraden menuju Pendopo Sipanji dengan jarak tempuh kurang lebih 15 km” terangnya.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein kagum terhadap anak-anak KSR yang berusian antara 18-25 tahun ini yang merelakan waktu, tenaga dan pikiran untuk bergabung menjadi KSR. “Terapkanan 7 Prinsip Gerakan PMI dengan baik yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan” pinta Bupati ditengah rintik hujan.
Bupati melanjutkan, prinsip tersebut tidak hanya sebagai pedoman bagi PMI, namun juga diterapkan dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan PMI dalam membantu masyarakat saat bencana maupun konflik.
Bupati memandu pelantikan, usai pelantikan ditandai dengan pemakaian seragam KSR dan Rompi TSR. (Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar