TMMD Sengkuyung Tahap 1 Th. 2016 Resmi Ditutup

Dilihat : 7251 Kali, Updated: Selasa, 24 Mei 2016
TMMD Sengkuyung Tahap 1 Th. 2016  Resmi Ditutup

PURWOKERTO - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2016 yang dipusatkan di Desa Semedo  Kecamatan Pekuncen, Senin (23/5) kemarin resmi ditutup, penutupan dilaksanakan oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Erwin Egita Yuana pada upacara penutupan TMMD ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan hasil-hasil TMMD dari Dandim 0701 Banyumas kepada Bupati Banyumas, pelepasan tanda peserta dan  peresmian hasil kegiatan TMMD.

Pasiter Kodim 0701 Banyumas Kapt. Armed Sugeng Suprianto selaku penanggung jawab proyek TMMD dalam laporannya mengatakan, berbagai kegaiatan TMMD antara lain kegiatan fisik yang masuk dalam sasaran pokok berupa pengaspalan jalan P. 1.895 m  x L. 2.25 m  sasaran tambahan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) sebanyak 5 unit bantuan Baznas Kabupaten Banyumas dapat diselesaikan 100%,  demikian juga untuk kegiatan non fisik berupa penyelenggaraan pasar murah, penyuluhan/pelatihan/ketrampilan, dan berbagai kegiatan yang dibutuhkan oleh desa lokasi TMMD antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan pertanian, pelatihan tata rias, pelatihan budidaya lele dan berbagai kegiatan non fisik lainnya  dapat diselesaikan 100%

TMMD dilaksanakan selama 21 hari dari tanggal 3 s.d 23 Mei 2015 dengan Total anggaran yang diserap dalam kegiatan TMMD sebesar Rp. 500 juta, yang bersumber dari APBD Kab. Banyumas Rp, 320 juta,- APBD Prov Jateng Rp. 180 juta,-.

Pangdam IV diponegoro dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dandim 0701 Banyumas menyampaikan Program TNI MMD Sengkuyung adalah program yang dilaksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro dalam rangka tugas imbangan pada pelaksanaan TMMD Reguler yang dilaksanakan di wilayah Kodam IV Diponegoro.

"Program ini bertujuan untuk mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang dan kemanunggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu Pemda untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun non fisik untuk menciptakan suasana kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri" jelasnya

Pangdam berharap agar hasil hasil pembangunan atau pengembangan sarana dan prasarana fisik yang telah diselesaikan pada program TMMD dapat dimanfaatkan secara masksimal serta dipelihara dengan baik oleh Pemda dan masyarakat.

" saya juga berharap hasil pembangunan pada kegiatan TMMD untuk dipelihara bersama sama Pemda dengan masyarakat dan kegiatan non fisik berupa pelatihan, penyuluhan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta tumbuhnya rasa cinta tanah air. (Hms.Yon)

Usai upacara dilaksanakan penyerahan akta kelahiran gratis kepada 30 orang dan peninjuan hasil-hasil TMMD oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Danrem 071 Wijayakusuma, Danin 0701 Banyumas, dan Kapolres Banyumas. (Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar