Bupati Hadiri Festival Takir Banyumas 2016

Dilihat : 3078 Kali, Updated: Kamis, 20 Oktober 2016
Bupati Hadiri Festival Takir Banyumas 2016

BANYUMAS : Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan kebuadayaan (Dinporabudpar) kembali menggelar festival takir, Rabu (19/10/2016) di Alun-alun Banyumas. Kegiatan diikuti oleh perwakilan desa dan sekolah se Kecamatan Banyumas serta SKPD di Banyumas.

Kepala Dinporabudpar Muntorihin mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal, yaitu budaya ruwat bumi di Kabupaten Banyumas, memberdayakan masyarakat secara gotong royong, untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. “Festival ini merupakan kegiatan kedua dan telah dijadikan agenda tahunan oleh Pemkab Banyumas,” katanya.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein beserta Wakil Bupati dr Budhi Setiawan, bersama-sama kepala SKPD ikut hadhir pada acara tersebut dan ikut berbagi dan makan bersama masyarakat dengan takir. Warga yang sedang bersantai di Alun-alun Banyumas sontak bergabung dan mereka ikut berebut nasi yang dibungkus daun pisang di dalam tenong.

Bupati sangat menyambut baik kegiatan pelestarian adat Jawa, sebagai acara tradisi yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya dengan syukuran takir suran ini. “”Takir berasal dari kata tata dan pikir, artinya agar kita selalu menata pikir, supaya nantinya kedepan kehidupan kita lebih baik daripada hari ini. Sekaligus bersedekah untuk membagikan rezeki kepada orang lain,” kata Bupati.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas, Rustin Harwanti mengatakan, festival takir merupakan langkah untuk memperkuat Kecamatan Banyumas sebagai sentra budaya. Menurut Rstin takir itu berisikan nasi dan lauk pauk yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya diletakkan dalam tenong, tempat jajan dari anyaman bambu berbentuk bundar. Tenong berisi takir ini dibawa dalam prosesi sedekah bumi, untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Festival takir, lanjutnya, mengumpulkan kurang lebih 52 kelompok yang membawa 12 takir. Makanan berasal dari sumbangan warga di Kecamatan Banyumas. Selain dari sumbangan warga, juga ada dari SKPD, sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Banyumas” jelasnya.

Usai penilaian, takir dari Bapermas PKB terpilih menjadi Juara I, diikuti oleh Kecamatan Patikraja dan Dindukcapil sebagai Juara II dan III. Bupati Banyumas, Achmad Husein Kepala SKPD yang hadir, juga membagikan hadiah uang tunai secara langsung bagi kelompok penyaji berdasarkan pilihannya sendiri. (Humas Pemkab Banyumas)

Komentar