148 Sekolah SMP Ikuti Pameran

Dilihat : 8033 Kali, Updated: Jumat, 13 Januari 2017
148 Sekolah SMP Ikuti Pameran

PURWOKERTO : Sebanyak 148 Sekolah SMP negeri maupun swasta se Banyumas, mengikuti pameran yang dikemas dalam SMP Educational Fair 2017. Kegiatan dibuka oleh Direktur Pembinaan SMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Supriono, bersama Bupati Banyumas Ir Achmad Husein Kamis (13/1) di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto. Pameran akan berlangsung selama 3 hari dan akan ditutup Minggu (15/1) mendatang.

Bupati Banyumas Achmad Husein berharap, kegiatan dapat memotivasi kreativitas, inovasi dan aktualisasi diri para siswa dan guru SMP yang tergabung dalam MKKS, mempererat tali silaturahmi, sekaligus untuk memperkenalkan potensi, profil dan prestasi institusi pendidikan smp di wilayah Kabupaten Banyumas kepada masyarakat.

Menurut Bupati melalui kegiatan ini seluruh sekolah menengah pertama di Kabupaten Banyumas dapat show off profil dan potensi sekolah sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat umum bahwa SMP-SMP di Kabupaten Banyumas mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk mengevaluasi dan mengecek kembali apa saja yang telah diupayakan dan prestasi apa yang dihasilkan di dalam kurun waktu tertentu. Saya juga berharap, kegiatan yang berlangsung pertama kali ini akan berlangsung secara kontinyu setiap tahunnya sehingga masyarakat luas dapat lebih mengenal sekolah, dan menjadi referensi untuk memilih sekolah,” kata Bupati

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Purwadi Santosa mengatakan bahwa peserta pameran terdiri dari 148 Sekolah SMP negeri maupun swasta se Banyumas, yang dikelompokan sesuai dengan rayonya. Sekolah menampikan potensi dan prestasi yang dimiliki termasuk hasil kreatifitas siswa.

“Pameran ini semula hanya pameran seni yang digagas oleh guru kesenian, tetapi kemudian berkembang dengan potensi lain disekolah sehingga melibatkan MKKS,” tambah Bupati.

Penampilan musik kenthong dari SMP Negeri 1 Jatilawang menyambut kehadhiran Direktur Pembinaan SMP Kemendikbud bersama Bupati dan tamu undangan lainya. Kemudian sebelum masuk, direktur disambut begalan dan memecah kendil.

Kemudia dilanjutkan pemotongan pita, peninjauan pameran. Karawitan dari SMP Negeri 5 Purwokerto ikut mengiringi dan membawakan beberapa tembang dan tari rumeksa dari SMP N 2 Purwokerto menyambut tamu undangan.
Karena pameran berlangsung sampai dengan tanggal 15 Januari Purwadi berharap masyarakat untuk dapat menyaksikan pameran tersebut.

Peserta dari SMP N 2 Sokaraja Rediva Nur Meilya, Ananda Putri Budiani dan Mutiara Latifah bersama sama mengatakan kegiatan semacam ini menjadi pamacu kreatifitas siswa. Peraih Medali Perunggu Tingkat Nasional itu ikut memamerkan karyanya di bidang teknologi dan rekayasa yaitu pemanfaatan pelepah pisang sebagai bahan paying tradisional.(Humas Pemkab Banyumas)

Komentar