Bupati Tabuh Bedug Sambut Tahun Baru Hijriyah

Dilihat : 12315 Kali, Updated: 27 10 2014 10:43:24
Bupati Tabuh Bedug Sambut Tahun Baru Hijriyah

Dalam rangka menyambut tahun baru hijriah 1436 H, Pemerintah Kabupaten Banyumas menyelenggarakan berbagai kegiatan Islami. Kegiatan diawali dengan Semaan Al Quran Jum'at pagi (24/9), doa bersama akhir dan awal tahun pada sore harinya dan Khotmil Qur’an di Pendopo Sipanji dilanjutkan malam harinya pawai ta'aruf/pawai obor yang mengambil start dan finish di GOR Satria Purwokerto.

 

Doa awal dan akhir tahun dipimpin oleh KH Zainurohman, dan Khotmil Qur'an oleh DR KH M Sofwan Mubarir, MA dari Stain Purwokerto.

Puncak acara pergantian tahun ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein bersama anggota Forkompinda tepat akan dikumandangkan adzan magrib. Turut hadir Dandim 0701 Banyumas, Kapolres, Kepala SKPD, Camat, para tokoh agama dan perwakilan santri.

 

Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Khoerul Zubeir dalam keterangannya menyampaikan tujuan dari rangkaian penyambutan Tahun Baru Islam/Hijriah adalah untuk memeriahkan pergantian tahun Hijriah sebagai tahun Islam,  untuk syiar agama islam, menjalin ukuwah Islamiyah dan upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allioh SWT serta doa agar diampuni segala dosanya selama satu tahun yang lalu dan diberikan keselamatan, kesehatan, dan kehidupan yang lebih baik.

 

Sementara itu Bupati Ir Achmad Husein mengatakan tradisi peringatan tahun baru islam, dirintis sejak dirinya menjadi Wakil Bupati. Kegiatan menjadi besar setelah dirinya menjadi Bupati setahun lalu, dimana dilaksanakan pawai taaruf dengan obor. "Niat ini adalah wujud ketaatan kita, sekaligus kebanggaan sebagai orang Islam, untuk memperingati hari besar Islam termasuk tahun baru" katanya.

 

Pada acara ini Bupati juga berdoa semoga warga Banyumas selalu dalam kesehatan mendapat rejeki yang melimpah dan diberi kekuatan lahir dan batin untuk membangun Banyumas yang lebih baik. "Dengan kahadiran para kyai dan santri mudah-mudahan doa saya terkabul" lanjutnya.

 

Kemeriahan penyambutan Tahun baru Islam terlihat dari banyaknya pawai taaruf/pawai obor yang diikutin oleh santriwan dan santriwati Taman pendidikan Al-Qur'an, Madrasah Dibniyah, Siswa/siswi SD,MI, SMP/MTS,SMA/MA se eks Kotatip Purwokerto dan beberapa peserta dari masyarakat umum dengan rute start GOR Satria, Jalan Prof Suharso, Jl Overste Isdiman, Jalan Kombas, Jalan Martadireja I, Jalan Suparno, Jl Prof Suharso dan finish di GOR  Satria.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar