933 Calon Haji Banyumas Pamitan

Dilihat : 11690 Kali, Updated: 04 09 2014 07:53:18
933 Calon Haji Banyumas Pamitan

Sebanyak 933 Calon Jamaaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Banyumas, Rabu (3/9) kemarin, pamitan ke Bupati Banyumas, acara pamitan Calhaj digelar di Pendopo Si panji  yang dikemas dalam bentuk silaturahim dan pelepasan Calon Jemaah Haji Tahun 1435 H/2014 M yang dihadiri oleh jarajan Forkompinda Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas/Instansi terkait, Camat se Kabupaten Banyumas, Pimpinan perbankan lokasi penyetor ONH, Kepala KUA pengurus IPHI pengurus KBIH dan seluruh Calhaj.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama selaku pengangungjawab penyelenggaraan haji Banyumas Drs. Bambang Sucipto melaporkan 933 Calhaj Kabupaten Banyumas tergabung dalam 3 kloter yaitu kloter 46  sebanyak 242 Calhaj, Kloter 47 sebanyak 370 Calhaj dan Kolter 48 sebanyak 321 Calhaj serta akan didampingi petugas TPHI 2 Orang, TPIHI 2 Orang, Petugas TPHD 5 Orang dan petugas TKHD 1 orang.

 

Kloter 46/SOC dan 47/SOC akan diberangkatkan pada hari Rabu 17 September 2014 dengan ketentuan waktu untuk kloter 46/SOC pada  ba'da Subuh (Pukul  07.00 WIB)  dan kloter 47/SOC ba'da Isya ( pukul 23.00 WIB) sedangkan kloter  48/SOC akan diberangkatan pada hari Kamis tanggal 18 September 2014 ba'da subuh  ( 07.00 WIB)  semuanya diberangkatkan dari GOR Satria Purwokerto.

 

Untuk calhaj tertua dari Kabupaten Banyumas adalah umur 94 tahun atas nama Silah binti Masiran asal Kelurahan Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat yang hadir dalam acara pelepasan dengan kondisi sehat serta mampu melaksanakan kegiatan manasik baik yang diselenggarakan oleh KBIH mupun dari Kementrian Agama  dan Calhaj termuda usia 21 Tahun atas nama Nur Cahya Hadiyanto bin Hadi Yuwono dari Kelurahan teluk Kecamatan Purwokerto Selatan.

 

Tujuan penyelenggaraan acara silaturahmi dan pelepasan jelas Bambang adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman terhadap Calhaj agar melaksanakan ibadah dengan niat haji yang ikhlas, terjalin ukuwah dan kekeluargaan dengan sesama jamaah, serta dapar menjaga nama baik dan budaya Banyumas khususnya ketia di tanah suci, sehingga dapat melaksanakan dengan khusyu dan sempurna serta dapat memperoleh haji yang mabrur.

 

Dalam sambutannya Bupati Achmad Husein mengatakan, Calhaj adalah orang-orang yang terpilih oleh Alloh SWT untuk memenuhi panggilannya untuk itu harus disukuri dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik baiknya, jadikanlah kesempatan yang mungkin tidak terulang lagi.

Husein juga menyampaikan, kunci keberhasilan dalam menjalankan ibadah haji adalah sabar, sabar dan sabar dan jadikanlah haji plus yaitu plus menolong sesamanya terutama yang tua-tua.

 

Husein berpesan para calhaj hendaknya untuk selalu menjaga kesehatan karena cuaca di mekah berbeda dengan di Banyumas, taati peraturan, jalankan rukun dan sunah dengan sebaik-baiknya, jagalah persatuan dan kesatuan yaitu rukun, guyub antar sesama jamaah haji di Indonesia dan kalau ada permasalahan kordinasikan dengan petugas dan jangan malu untuk minta tolong dan bertanya serta doakanlah agar masyarakat Banyumas semakin sejahtera dan makmur.

Kepada para petugas Husein berpesan untuk memberikan pendampingan yang maksimal, sabar dan ikhlas sehingga penyelenggaraan haji tahun ini sukses. acara dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Dr.Zuhrunul Anam pengasuh ponpres At Taujih leler Kebasen.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar