933 Calon Haji Banyumas Pamitan Ke Bupati

Dilihat : 9162 Kali, Updated: Selasa, 11 Agustus 2015
933 Calon Haji Banyumas Pamitan Ke Bupati

Sebanyak 933 Calon Jamaaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Banyumas, pamitan ke Bupati Senin (10/8) di Pendopo Si panji. Acara yang dikemas dalam bentuk Silaturahim dan pelepasan Calon Jemaah Haji Tahun 1436 H/2015 yang dihadiri oleh jajaran Forkompinda Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas/Instansi terkait, Camat se Kabupaten Banyumas, Pimpinan perbankan lokasi penyetor ONH, Kepala KUA pengurus IPHI pengurus KBIH, TPHI, TPHA, TKHI, TKHD dan seluruh Calhaj.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas selaku pengangungjawab penyelenggaraan haji Drs. Bambang Sucipto melaporkan 933 Calhaj Kabupaten Banyumas akan berangkat tanggl 20 dan 21 Agutus mendatang berangkat dalam 4 kelompok terbang yaitu masuk kloter 3 sebanyak 132 Calhaj bergabung dengan sebagian Calhaj Cilacap, Kloter 4 sebanyak 335 Calhaj, Kloter 5 sebanyak 355 Calhaj dan Kolter 6 sebanyak 71 Calhaj bergabung dengan Calhaj Kabupaten Purbalingga. “Mereka akan didampingi petugas TPHI 2 Orang, TPHD 6 Orang, TPIHI 2 Orang, dan petugas TKHD 12 orang” kata Bambang.

Kloter 3 menurut rencana akan diberangkatkan dari Purwokerto pada hari Kamis 20 Agustus 2015 Jam 13.00 WIB, Kloter Berangkat Hari Jum’at 21 Agustus 2015 jam 1 dinihari sedangkan Kloter 5 dan Jam 09.30 WIB.

Untuk calhaj tertua dari Kabupaten Banyumas adalah umur 89 tahun atas nama Dainah binti Karya Semita asal Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen dan Calhaj termuda usia 23 Tahun atas nama Indah Tri Hastuti dari Desa Windunegara Kecamatan Wangon.

Perwakilan peserta Bapak Ansori S.Ag dari IAIN Purwokerto mengatakan tujuan penyelenggaraan acara silaturahmi dan pelepasan jelas Bambang adalah untuk memberikan semangat kepada para Calhaj karena mereka datang dari seluruh pelosok Banyumas. “Diantara Calhaj ini ada yang belum pernah datang ke Pendopo ini atau bahkan belum pernah ketemu langsung dengan Bapak Bupati” kata Ansori.

Ansori juga minta doa restu agar semua Calhaj diberi kesehatan berangkat 933 pulang 933 orang, serta dapat menjaga nama baik dan budaya Banyumas khususnya ketika di tanah suci, sehingga dapat melaksanakan dengan khusyu dan sempurna semua syarat rukun dan wajib haji serta dapat memperoleh haji yang mabrur. Ansori juga mengajak kepada Calon Haji agar di Mekah nanti bisa berdoa agar Indonesia khususnya Banyumas, diberi kemamkuran dan kesejahteraan dan para pimimpinya diberi kekuatan untuk menjadi pemimpin yang amanah mengantarkan masyarakat Banyumas menjadi sejahtera.

Dalam sambutannya Bupati Achmad Husein mengatakan, Calhaj adalah orang-orang yang terpilih oleh Alloh SWT untuk memenuhi panggilannya untuk itu harus disukuri dan dilaksanakan dengan iklas, sungguh-sungguh dan sebaik baiknya. “Kunci keberhasilan dalam menjalankan ibadah haji adalah iklas, sabar, sabar dan sabar dan jadilah Bapak Ibu haji plus artinya selain menjalankan ibadah ditambah menolong sesama jamaah terutama yang tua-tua” Pesan Bupati.

Bupati berpesan para calhaj hendaknya untuk selalu menjaga kesehatan karena cuaca di mekah berbeda dengan di Banyumas, taati peraturan, jalankan rukun dan sunah dengan sebaik-baiknya, jagalah persatuan dan kesatuan yaitu rukun, guyub antar sesama jamaah haji di Indonesia dan kalau ada permasalahan koordinasikan dengan petugas dan jangan malu. “Hal yang juga perlu diperhatikan kalo bepergian jangan sampai sendirian, minimal dua orang, dan tolong seperti pesan dari Bapak Ansori, doakan kami agar diberi kekuatan dan menjadikan manyumas majadi lebih makmur dan sejahtera” pinta Bupati.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar