Bupati Buka Festival Takbir dan Bedug Sokaraja

Dilihat : 9511 Kali, Updated: Jumat, 25 September 2015
Bupati Buka Festival Takbir dan Bedug Sokaraja

Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas menggelar Festival Takbir dan Bedug ke 3 tahun 2015 di halaman pasar Sokaraja, Kamis malam (24/9), Festival diikuti oleh 36 peserta dibuka oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dihadiri oleh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Banyumas, Pimpinan Dinas/Instansi dan Muspuika Sokaraja.

Festival digelar sebagai ajang siar dan promosi potensi masyarakat  Sokaraja dan para pengusaha dengan harapan kedepannya bisa berkiprah ditingkat regional maupun nasional juga bertujuan untuk menjalin ukuwah islamiah, melestarikan seni dan budaya islam, mempromosikan dan mewujudkan Sokaraja sentra batik , wisata kuliner dan kota santri serta untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1436 H tahun 2015.


Festival diikuti oleh remaja masjid, ta'mir masjid dari masing-masing desa, sekolah SMP dan SMA dan pengusaha di wilayah Kecamatan Sokaraja, untuk desa minimal 2 grup setiap grup terdiri dari 10 orang dan menghabiskan dana Rp. 22.750.000 berasal dari para donatur di wilayah Sokaraja, sponsor dan sumbangan panitia sedangkan kreteria penilaian adalah keserasihan, kelengkapan alat, harmonisasi musik, keindahan stand dan stamina karena peserta akan menabuh bedug selama 3 jam tanpa henti
Festival akan mengambil juara 1,2,3, harapan 1,2 3 dan Masing-masing akan mendapatkan kambing yang pada saat digelar sudah terkumpul 11ekor kambing dari para donatur

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi diselenggarakannya festival bedug dan takbir yang sangat meriah disamping untuk merayakan idul adha, melestarikan bedug juga sebagai media untuk silaturahmi antar warga.
"walaupun festival ini tingkat Kecamatan tetapi meriahnya sudah seperti tingkat Kabupaten sehingga saya sangat mengapresiasi untuk diteruskan" jelasnya

Bupati berharap agar festival menjadi agenda tahunan untuk merangsang masyarakat meningkatkan kualitasnya dalam membunyikan bedug" ini adalah kebudayaan kita, budaya islam, harus terus diuri-uri sehingga akan terus lestari salah satu caranya dengan menjadikan kegiatan tahunan karena dengan cara seperti kreativitas akan semaikn meningkat " imbuhnya.
Husein juga berharap melalui festivaal Bedug dan Takbir dimana didalamnya mengumandangkan asma Alloh akan menjadikan Banyumas semain tentrem "Semoga dengan kita mengumandangkan takbir tahmid dan tahlil Alloh SWT akan menjadikan Kabupaten Banyumas tambah tentrem, tambah maju masyarakatnya tambah sejahtera" harapnya.

(Humas Pemkab. Banyumas)

Komentar