Balai Desa & Program Pantes Desa Kemutug Lor Diresmikan

Dilihat : 10713 Kali, Updated: Rabu, 11 November 2015
Balai Desa & Program Pantes Desa Kemutug Lor Diresmikan

Balai Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas yang telah selesai dibangun, Selasa (10/11) diresmikan penggunaannya oleh Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husein, selain meresmikan balai Desa Husein juga melaunching Program Pelayanan Administrasi Terpadu Tingkat Desa (PANTES) dan peluncuran buku pintar Pemerintahan Desa Kemutug Lor.

Peresmian ditandai dengan pendandatangan prasasti, peninjauan ruangan diawali dengan pemkulan kentongan dan pembukaan selubung papan nama program PANTES serta menyaksikan proses pelayanan.

Kades Kemutug Lor Sarwono dalam Laporannya menyampaikan, Pembangunan Balai Desa Kemutug Lor direncanakan sejak tahun 2010 dan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp. 1 milyar dan 60% bersumber dari APBD Kabupaten Banyumas.

"Pembangunan ini sudah direncanakan sejak tahun 2010 ketika itu saya (Sarwono Red) masih menjadi ketua BPD dan bersama kades pada saat itu memutuskan untuk membangun Balai Desa yang representatif sehingga akan memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi kebanggaan masyarakat Kemutug Lor " jelasnya.

Menurutnya pembangunan Balai desa sejalan dengan program yang sekarang dicanangkannya yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat "kita sudah bertekad untuk melayani masyarakat 5 menit disambi Gojegan (berguro) selesai" tambahnya.

Sarwono menambahkan beberapa program yang dijalankan untuk mendukung pelayanan diantarnya dengan meluncurkan buku pintar yang berisikan tentang tata cara dan persyaratan pelayanan masyarakat serta memiliki data base kependudukan yang lengkap sehingga setiap dibutuhkan akan muncul sesuai dengan keperluannya.

"Buku pintar kami bagikan kepada seluruh lembaga desa yaitu RT, RW, BPD dan tokoh masyarakat untuk turut serta menginformasikan kepada masyarakat serta di komputer Desa sudah tersimpan data base penduduk yang lengkap sehingga akan mempercepat dalam pelayanan" imbuhnya.

Bupati Achmad Husein mengatakan dirinya sangat mengapresiasi adanya program PANTES yang merupakan pertama di Banyumas serta berharap selesainya pembangunan Kantor Desa dapat memacu dan memotivasi dalam peningkatan pelayanan
"Saya bangga di Desa Kemutug Lor sudah diluncurkan program PANTES, ini merupakan yang pertama dan dapat ditiru oleh desa yang lain, apalagi dengan slogan pelayanan 5 menit rampung" jelasnya

Bupati juga mengatakan dengan selesainya pembangunan kantor Desa akan mewujudkan pelayanan yang cepat sehingga masyarakat akan merasa puas dan senang " Kantor desa ini sudah bagus, maka pelayananpun harus bagus dan jadikan sebagai kebanggaan serta untuk memotivasi diri bekerja lebih baik" tambahnya.

Husein juga menjelaskan, dengan diberlakukannya undang-undang tentang desa maka pembangunan akan lebih banyak berada di desa " saya pesan kepada para kades untuk mentaati segla aturan serta berhati hati dalam mengelola anggaran dan buat laporan yang lengkap sehingga tidak tersandung masalah" pintannya. (Humas Pemkab Banyumas)

Komentar