Bupati Halal Bihalal dengan Seluruh Kades

Dilihat : 8934 Kali, Updated: 15 08 2014 09:39:40
Bupati Halal Bihalal dengan Seluruh Kades

Bertempat di Pendopo Si Panji, Kamis (14/8) kemarin dilaksanakan silaturahmi halal bihalal antara Bupati Banyumas dengan seluruh Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Banyumas turut hadir Kepala Bapermas PKB sekaligus sebagai pembicara hikmah silaturahmi dan Kabag Pemerintahan Setda Agus Suprianto.

 

Mengawali acara Kades Klinting mewakili seluruh kades menyampaiakan ikrar silaturahmi atas nama kades kepada Bupati dan seluruh jajarannya karena tidak menutup kemungkinan para kades dalam waktu satu tahun pernah berbuat kesalahan.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, dirinya dan seluruh jajarannya di Kabupaten Banyumas juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin karena pasti selama satu tahun ada perbuatan salah kepada para kades.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Achmad Husein juga meminta agar para kades dalam menyongsong Undang-undang Desa untuk membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des) sebagai payung hukum  yang disesuaikan atau harus sinkron dengan RPJMD Kabupaten Banyumas paling akhir bulan Oktober 2014 kemudian menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Desa (RKA Des)  karena masing-masing desa nantinya akan menerima dana 800 juta sampai dengan 1,3 milyar sehingga nantinya tidak menimbulkan permasalahan.

 

Husein juga menyampaikan, Desa untuk mengembangkan ekonomi kreatif yaitu dengan fokus memaksimalkan produk unggulan yang ada desa untuk dikembangkan semaksimal mungkin sehingga akan menjadi ciri khas sepesifikasi produk desanya dan akan dikenal serta diburu oleh para konsumen sehingga akan menaikan pendapatan masyrakatnnya.

 

Husein menambahkan, untuk menangani kecelakaan penderes pemkab akan membuat kartu penderes yang akan selesai pada bulan September untuk memberikan santuanan kepada penderes yang mengalami kecelakaaan dengan prosedur yang mudah dan desa diharapkan untuk menyetorkan data penderes dengan benar "aja dudu penderes didaftarna mengko malah dadi ora tepat sasaran" tambahnya dalam bahasa  jawa dialek Banyumasan.

 

Husein juga menambahkan, salah satu faktor keberhasilan dalam pembangunan adalah berhasilnya program KB sehingga para kades diharapkan untuk membantu mensosialisasikan agar masyarakat dua anak lebih baik, dan juga untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak terjadi demam berdarah di desanya.

 

Husein berharap, para kades sensitif terhadap kebutuhan dan keadaan masyrakat  dan untuk sering turun lapangan sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat akan dapat diketahui jangan sampai ada masyarakat yang bermasalah kades tidak tahun  "Kades kudu sering lalar ndeleng keadaaane masyarakate aja ngosi ana kesusahan/permasalahan masyarakat ora ngerti lan ngerti malah dari koran utawa tivi" imbuhnya.

 

acara diakhiri dengan penyampaian urian hikmah silaturahmi oleh Drs. Taefur Arofat, M.Pdi dan jabat tangan serta beramah tamah makan siang bersama.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar