Gedung baru Dekranasda Kab. Banyumas diresmikan

Dilihat : 6562 Kali, Updated: 11 10 2014 07:47:07
Gedung baru Dekranasda Kab. Banyumas diresmikan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas sekarang memiliki gedung baru sebagai sekretariat sekaligus untuk showroom berbagai produk UMKM yang ada di Kabupaten Banyumas. Lokasi gedung baru Dekranasda berada di Jalan Soeparjo Rustam Sokaraja atau eks Kantor Kecamatan Sokaraja.

 

Peresmian gedung dilaksanakan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Ibu Atiqah Ganjar Pranowo Kamis (9/10), turut hadir Bupati Banyumas, Kepala Dinas Koprasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinperindagkop Kabupaten Banyumas, Camat se-Kabupaten Banyumas dan  Kades se-Kecamatan Sokaraja dan dikemas dalam acara Peresmian Gedung Dekranasda Kabupaten Banyumas dan Lomba Desain Motif Batik Banyumasan Motif Manggar.

 

Ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas Erna Achmad Husein melaporkan, dikabupaten Banyumas sangat banyak potensi UMKM yang harus dikembangkan seperti batik, bandol, bordir, logam, payung kertas , kerajinan batok kelapa dan keramik serta masih banyak produk produk UMKM.

Berbagai produk UMKM sangat perlu di Kembangkan untuk dapat berkompetisi dengan produk lain baik nasional dan internasional sehingga akan mampu mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Dengan adanya gedung baru yang berfungsi sebagai sekretariat maupun showroom untuk memamerkan berbagai produk UMKM akan memotivasi Dekranasda dan para pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas sehingga diharapkan kedepan semakin berkembang dan maju.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Banyumas akan selalu komitmen untuk mengembangkan dan memajukan UMKM diantaranya melalui bantuan modal bergulir, pembinaan dan pelatihan, pembangunan Produk UKM di Prathista Harsa dan gedung Dekranasda yang akan lebih menyemangati dalam mengembangkan UMKM di Banyumas.

 

Husein Juga menyampaikan, salah satu produk UMKM yang sudah mampu menembus pasaran ekspor adalah gula kristal dimana permintaan  30 ton setiap minggu  dan kita baru mampu menyetor  1 ton, masih sangat banyak kebutuhannya "ini salah satu upaya yang dilaksanakan pak Ganjar mendatangkan orang luar negeri/orang jerman  untuk dikenalkan dengan Gula kelapa kristal" imbuhnya.

Khusus untuk batik Husein menyampaikan, untuk lomba desain batik Banyumasan dengan motif manggar untuk  SMA/SMK dan Mahasiswa serta untuk SMP yang sudah dilombakan adalah karena manggar adalah penghasil nira kelapa yang sangat manis dan wangi sehingga akan menjadi salah satu ciri khusus untuk Batik Banyumasan.

 

Husein juga minta agar desain motif batik Banyumasan motif manggar dari seluruh peserta yaitu 134 tingkat SMA/SMK sederajat dan Mahasisa serta 53 dari SMP/MTs sederajat untuk dibukukan temasuk desain kaos yang beberapa waktu dilombakan.

Husein juga meminta agar para pengrajin batik juga membuat dasi batik dengan harga yang mahal untuk dipakai para pejaabat dalam upacara karena saat ini belum ada dasi batik.

 

Mengakhiri sambutannya husein berharap agar gedung baru benar-benar bermanfaat karena telah dibangun dengan danadan dapat digunakan para pengrajin batik di Kabupaten Banyumas untuk promosi

Atiqah Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyampaikan, gedung Dekranasda yang baru dengan lokasi yang sangat strategis dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kegiatan promosi  dan  memamerkan seluruh produk UMKM di Banyumas

 

Ikan Nuranisa dan Nurdiawanti Juara Desain Batik Banyumasan Motif Manggar.

Ikan Nuranisa dari SMP N 2 Kebasen sebagai juara 1 Desain matif  Batik Banyumasi motif manggar untuk Kategori Pelajar SMP/MTs dan Nurdiawanti dari SMK Muhamadiyah Somagede sebagai Juara 1 Desain motif Batik Banyumas motif Manggar untuk katagori pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa. Sedangkan untuk juara II, III dan juara favorit untuk katagori SMP/MTs sederajat adalah Feli Muriantrizki dari SMP N 1 Somagede, Ragil Triana Agustin SMP N2 Kebasen dan juara favorit diraih oleh Fel Muriatriski.

 

Untuk Katagori SMA/SMK Sedrajat dan Mahasiswa untuk juara II,III dan faforit diarih oleh Marsa Hamira Subiyakto dari STIKES Harapan Bangsa Purwokerto sebagai juara II, Abdurahman Zaki  dari MAN 2 Purwokerto sebagai juara III sedangkan untuk juara faforit diraih oleh Fathul Khoeri  dari SMA N 2 Purwokerto. masing masing juara mendapatkan tropi dan uang pembinan untuk juara 1 dan faforit Rp. 1.000.000,- Juara II Rp. 750.000,- dan Juara III Rp. 500.000,-

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar