Bupati dan Wabup Pantau UN SMP

Dilihat : 10247 Kali, Updated: 06 05 2014 08:56:32
Bupati dan Wabup Pantau UN SMP

Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kementrian Agama serta beberpa pejabat di Dinas Pendidikan, Senin (5/5) kemarin memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP di 3 Sekolah di Wilayah Kabuapten Banyumas Bagian selatan yaitu  di SMP N 2 Banyumas, SMP N 1 Banyumas   dan SMP Mifthus Salam Banyumas.

 

Sementara Wakil Bupati dr. Budi Setiwan pada hari yang sama juga melaksanakan pemantauan di 4 SMP di wilayah perkotaan yaitu SMP N. 8, SMP N. 2 Purwokerto, SMP N. 3 Purwokerto dan SMP Susteran Purwokerto dan direncanakan pada harin kedua akan memantau diwilayah Kecamatan Sumbang.

 

Dari hasil pemantauan Bupati  di SMP N. 2 Banyumas 192 siswa yang mengikuti UN terdiri dari laki-laki 102 dan siswa Perempuan 90 siswa secara keseluruhan dapat mengikuti ujian demikian pula di SMP 1 Banyumas dan SMP Mifthus Salam Banyumas.

 

Disela kunjungannya Bupati Achmad Husein mengatakan, hasil pemantauan di  3 SMP di Banyumas pelaksanaan UN berjalan dengan tertib dan lancar, hal ini dapat dilihat dari  pembagian ruang dimana masing-masing ruang maksimla 20 wiswa, pengawas ujian, distribusi soal dan lembar jawaban UN SMP sampai dengan sarana dan prasarana pendukung dapat berjalan dengan baik sehingga diharpkan UN SMP kali ini lebih berkualitas,

 

Senada disampaikan Wabub dr. Budi Setiawan, Pelaksanaan UN SMP hari pertama untuk wilayah kota berjalan dengan lancar dan tertib, hal ini dilihat dari kesiapan masing-masing SMP sudah sangat maksimal baik sarana prasarana pendukung, distribusi soal dan lembar jawaban, peenempatan personil pengawas maupun penempatan ruang UN dimana masing-masing  ruangan juga dibatasi maksimal 20 siswa sehingga akan memudahkan para pengawas UN dalam melaksanakan pengawasan.

 

Baik Bupati Achmad Husein maupun Wabup dr. Budi Setiawan berharap, seluruh siswa yang mengikuti UN bisa lulus seluruhnya tidak ada yang tertinggal dan meminta kepada seluruh sekolahan untuk bisa menfasilitasi dengan maksimal sehingga selama pelaksanaan ujian siswa merasa nyaman.

 

Kepala Dindik Drs. Purwadi Santoso, M.Hum  mengatakan Pelaksanaan UN hari pertama secara umum berjalan dengan lancar baik dari distribusi soal dan lembar jawaban UN, pengawas dan pemantaun UN semuanya berjalan dengan lancar.

 

Purwadi juga mengatakan, UN Utama dilaksanakan selama 4 hari  yaitu mulai tanggal 5 s/d 8 Mei 2014 dengan pembagian mata pelajaran hari pertama tanggal 5 Mei adalah Bahasa Indonesia, tanggal 6 Matematika, tanggal 7 Bahasa Inggris dan Tanggal 8 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sedangkan untuk UN susulan akan dilaksanakan pada tanggal 12-16 Mei 2014 bagi yang berhalangan pada UN utama.

 

Purwadi menambahkan, jumlah siswa yang mengikuti UN SMP terdiri dari  23.984  siswa SMP/Mts baik negeri maupun swasta  se Kabupaten Banyumas  yang berasal dari SMP N 13.379 siswa, SMP swasta 5.801, MTs Negeri 658, MTS Swasata 4.143 SMP Luar Biasa Swasta 3 siswa sedangkan sekolah penyelenggara UN  terdiri dari SMP N 63 sekolah, SMP swasta 70 sekolah, MTS N 3, MTS Swasta 40, SMP LB Swasta 1 jumlah total 177 Sekolah, untuk SMP yang menginduk dalam pelaksanaan ujian  adalah SMP N 20, SMP Swasta 4 dan MTS swasta 5  total 29 sekolah dengan menempati ruang sebanyak 1.294 ruang terdiri dari SMP 1.027 dan MTS 267.

 

"untuk mendukung kelancaran dalam distribusi soal dan lembar jawaban UN SMP  dibagi menjadi 7 sub rayon yaitu  di SMP N 3 Purwokerto, SMP N Kedungbanteng, SMP N 1 Ajibarang, SMP N 1 Jatilawang, SMP N 1 sumpiuh, SMP N. 1 Banyumas dan SMP N 1 Sokaraja serta dengan melibatkan 2.600 pengawas ujian " tambahnya.

 

Kepala SMP N. 2 Banyumas, Suyudi, S.Pd mengatakan untuk mmepersiapkan , dalam mempersiapkan UN siswa telah dibekali dengan kegiatan Try out, intensifikasi/pengayaan pelajaran yang dilaksanakan 3 bulan sebelum UN serta refleksi dan kegiatan doa bersama untuk permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kesehatan, kelancaran dan keberhasilan dalam menempuh UN senada juga disampaikan oleh Kepala SMP baik yang dipantau oleh Bupati Achmad Husein maupun Wabup dr. Budi Setiawan.

(Humas Setda Kab. Banyumas)

Komentar