Bupati Serahkan SK CPNS Bidan PTT

Dilihat : 5093 Kali, Updated: Jumat, 26 Mei 2017
Bupati Serahkan SK CPNS Bidan PTT

PURWOKERTO,- Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein menyerahkan SK pengangkatan CPNS kepada 242 orang bidan PPT bertempat di Pendopo Sipanji Purwokerto, Jumat (26/5) kemarin.

Sebelumnya, ke-242 bidan yang diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bersatus pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI.

"Penerimaan SK ini adalah sebuah anugerah. Saya berharap saudara-saudara dapat mensyukuri anugerah ini dengan pengabdian dan kerja keras," kata Bupati Husein, usai penyerahan SK secara simbolik.

Salah satu tugas dan tanggung jawab bidan, menurut Bupati, adalah turut mewujudkan masyarakat Kabupaten Banyumas yang sehat dan sejahtera.

Angka kematian ibu hamil melahirkan di Kabupaten Banyumas hingga Mei 2017 menunjukkan angka 4.
Bupati juga menegaskan agar para bidan berkerja secara cermat dan hati-hati. Ditekankan pula agar para bidan mau turun ke lapangan untuk menyelamatkan bayi yang baru lahir.

"Saya berharap para bidan meiliki kepedulian sosial yang tinggi untuk membawa perubahan sosial di masyarakat," imbau Bupati.

Caranya, menurut Bupati, adalah dengan memperhatikan lingkungan sosial masing-masing. Antara lain memberi masukan sekaligus jalan keluar pada masyarakat yang belum punya jamban, imbauan untuk tak membuang sampah sembarangan, tidak merokok, dan lain-lain.

"Kesehatan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Alokasi APBD untuk Kartu Banyumas Sehat (KBS) tak kurang dari Rp 60 milyar," kata Achmad Husein.

Agar anggaran tidak terus membengkak, maka bidan perlu berperan aktif memberikan contoh dan praktik edukatif tentang pentingnya menjaga kesehatan.

"Perlu ditanamkan kepada masyarakat bahwa menjaga kesehatan itu penting dan lebih baik daripada pengobatan," kata Bupati.

PERLU HIMBAUAN
Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Bupati Husein tak segan-segan sampaikan himbauan. Setiap hari Jumat, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Banyumas diminta senam pagi. Pada jam-jam tertentu, yakni jam 10 pagi dan 2 siang, dihimbau melakukan peregangan otot meskipun hanya lima menit.

Selain itu, Bupati menghimbau masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula pasir dan menggantinya dengan gula merah produksi lokal.

"Selain lebih sehat, konsumsi gula merah juga wujud keberpihakan kepada produksi lokal," kata Bupati.
Di akhir sambutan Bupati kembali menegaskan agar para bidan memberi perhatian lebih pada ibu hamil dan kelahiran bayi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas, Drs Achmad Supartono MSi, menyatakan bahwa pengangkatan 242 orang CPNS dari PTT Kementerian Kesehatan ditetapkan dengan Keputusan Bupati Banyumas Nomor 813/319/2017, TMT 1 April 2017

Komentar