Bupati Pimpin Upacara Peringatan HUT RI Ke-72

Dilihat : 1483 Kali, Updated: Jumat, 18 Agustus 2017
Bupati Pimpin Upacara Peringatan HUT RI Ke-72

PURWOKERTO : Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 Tingkat Kabupaten Banyumas, Kamis (17/8/2017) kemarin di Alun-alun Purwokerto.

Ribuan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari Korsik dari Ajenrem 071 Wijaya Kusuma, Pasukan TNI, POLRI, SATPOL PP, Hansip, KORPRI, PNS, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, PMR dan Pramuka. Ratusan undangan juga terlihat antara lain Pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Para Veteran, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas, diluar alun-alun juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

Bupati Banyumas sebagai Inspektur Upacara memimpin peringatan detik-detik proklamasi dengan membaca Naskah Proklamasi sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Juli Krisdiyanto, SE mebacakan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Bertindak sebagai komandan upacara Kompol Alysius Umbbu Tellu, SH Kapolsek Purwokerto Utara. Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih terdiri dari Pasukan 17 beranggotakan siswa-siswi SMA/SMK/MA baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Banyumas. Pasukan 8 diapit oleh Anggota Detasemen Polisi Militer 4-1 Purwokerto dengan didampingi 45 Pasukan TNI dari Yonif 406 / Candra Kusuma Purbalingga. Bertindak sebagai Komandan Paskibraka Kapten Inf Imaam Tabiin Danton II Kompi Senapan B Yonif 406 / Candra Kusuma.

Pembawa bendera Risktania Citra Kartika siswi SMA N 1 Purwokerto dan petugas pengibar bendera Fadly Ilham Saputra dan Brilian Pradipta dari SMA Negeri 2 Purwokerto serta Nanda Faradila dari SMA Negeri 1 Wangon.

Dalam sambutanya Bupati Achmad Husein yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tugas anak bangsa adalah menjaga api semangat juang kepahlawanan, agar terus menyala. Sejak revolusi hingga pasca reformasi, sejak Soekarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam.

“Karena ini kekuatan dan jati diri kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan,” kata Gubernur

Menuurt Gubenur peringatan HUT RI harus menjadi momentum dan menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan.

“Saat ini NKRI yang kita cintai senantiasa tak pernah lekang oleh ancaman dan tantangan. Dalam kemajemukan bangsa kita masih seringkali menjadi pemantik munculnya perpecahan. Dalam kain kebangsaan kita juga kerapkali terkoyak oleh karena ego dan kepentingan sepihak. Pun korupsi dan gratifikasi masih menjadi praktik yang seringkali terjadi. Serta masih banyak persoalan kita lainnya,” lanjutnya

Pada akhir kegiatan upacara Bupati Banyumas menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya sebagai simbolis kepada para 3 PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan kriteria kategori Tanda Kehormatan 30 Tahun, 20 Tahun dan 10 Tahun. (Humas Kabupaten Banyumas)

Komentar